Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Keren! Nih Cara Google Rayakan HUT Ke-72 RI di Doodle-nya

Dini Listiyani, Jurnalis · Kamis 17 Agustus 2017 12:10 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 08 17 207 1757698 keren-nih-cara-google-rayakan-hut-ke-72-ri-di-doodle-nya-0DiNMyXnFL.jpg (Foto: Google)

JAKARTA - Peringatan 17 Agustus tak hanya diperingati oleh masyarakat Indonesia. Hari Kemerdekaan Indonesia ini juga diperingati oleh Google melalui Doodle-nya hari ini.

"Hari ini kita merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia, dikenal secara lokal sebagai Hari Merdeka," kata Google dalam blog Doodle-nya, Kamis (17/8/2017).

Perayaan hari bersejarah untuk Indonesia ini biasanya diperingati dengan parade mencakup marching band serta karnaval di Jakarta dan kota-kota besar lainnya di seluruh Indonesia.

Tak hanya itu, upacara bendara juga mendominasi hari ini. Sementara itu, para penyanyi membawakan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Menariknya, di hari bersejarah ini, beberapa tempat juga mengadakan perlombaan seperti balap karung dan memanjat pohon pinang.

Google mencoba menggambarkan kesatuan Indonesia di dalam Doodle-nya dengan menggandeng seniman tamu Aditya Pratama. Aditya mencoba merangkum semangat kesatuan dalam keragaman dalam Doodle hari ini.

Pada saat itu, Google menampilkan salah satu ikon upacara bendera, yakni paskibraka, yang bertugas untuk mengibarkan bendera. Para paskibraka ini mengenakan seragam merah putih dan mengenakan peci tradisional.

Paskibraka yang menjadi pasukan pengibar bendera sejatinya terdiri dari siswa SMA khusus yang dipilih. Saat para pasukan pengibar bendera mengibarkan sang Saka Merah Putih, lagu Indonesia Raya pun akan dikumandangkan.

Selain ketiga pasukan yang diberi tugas untuk menngibarkan bendera, Google juga mendominasi Doodle dengan warna merah, baik itu di tulisan ‘Google’ maupun frame yang membingkai tulisan ‘Google’ itu sendiri.

(din)

Berita Terkait

Google Doodle

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini