Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Nih Rasanya Spacewalk di Luar Angkasa, Ini Penampakannya!

Afriani Susanti , Jurnalis · Kamis 17 Agustus 2017 18:20 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 08 17 56 1757923 nih-rasanya-spacewalk-di-luar-angkasa-ini-penampakannya-g58QL6NXkf.jpg Ilustrasi : (Foto: Dok. Okezone)

AMERIKA SERIKAT – Saat berada di luar angkasa, seorang astronot akan dalam kondisi melayang-layang seperti tidak bisa berpijak layaknya di Bumi. Hal tersebut disebabkan karena tidak adanya gaya gravitasi yang membuat seseorang tertarik dan berpijak. Di luar angkasa sendiri, semua benda melayang-layang, termasuk yang akan terjadi pada astronot jika mereka berada di luar angkasa.

 

Baca juga: Gokil! Di Masa Depan Astronot Bisa Minum Air di Bulan

Dinukil dari laman Huffington Post, salah satu astronot dari National Aeronautics and Space Administration (NASA), Clayton C Anderson mengatakan beberapa pengalamannya saat menjelajahi luar angkasa dan sempat melakukan spacewalk.

Sebelumnya, ada sebuah pertanyaan yang diajukan kepada NASA terkait dengan kondisi di luar angkasa bagi para astronot yang sedang melakukan eksperimen. Beberapa pertanyaan yang diajukan di antaranya seperti apakah di luar angkasa seorang astronot bisa berjalan, sampai pakaian yang longgar sendiri telah diciptakan untuk bisa membuat para astronot tersebut dapat terjatuh ke sejumlah lintasan yang ada.

 

Berdasarkan dari kariernya sebagai astronot selama di NASA, salah satu performanya saat melakukan spacewalk di luar angkasa adalah membawa SAFER yang merupakan backpack. SAFER ini didesain dengan lebih modern dan mudah dibawa. Sehingga membuat astronot tetap bisa ‘terbang’ saat melakukan spacewalk di luar angkasa.

Baca juga: Asyik! Tahun 2018, Astronot Bisa Gunakan Samrtphone di Bulan

Sebelum melakukan penerbangan ke luar angkasa, Anderson perlu melakukan training terlebih dahulu dalam melakukan spacewalk. Termasuk di dalamnya adalah training untuk menggunakan SAFER (Simplified Aid for EVA Rescue).

Baca juga: Wow! Foto Selfie Pertama Ini Dihargai Rp21 Juta

Seorang astronot juga dilengkapi dengan kemampuan untuk bisa menyelamatkan diri. Hal tersebut masuk kegiatan training yang dilakukannya. Selain itu, mereka juga berlatih untuk bisa melakukan spacewalk.(afr)

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini