nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kominfo Manfaatkan Ajang Asian Games 2018 untuk Uji Coba 5G, Benarkah?

Afriani Susanti , Jurnalis · Sabtu 19 Agustus 2017 14:35 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 08 19 207 1758951 kominfo-manfaatkan-ajang-asian-games-2018-untuk-uji-coba-5g-benarkah-BLvcDGlTf9.jpg Foto: Dok. Reuters

JAKARTA – Perkembangan teknologi memang sudah tidak bisa lagi dipungkiri, termasuk dalam teknologi telekomunikasi saat ini. Belum lama mengimplementasikan teknologi 4G, kini, pemeritah Indonesia siap untuk bisa mendatangkan teknologi terbaru yakni 5G ke Indonesia.

Baca juga: Teknologi Modulasi 256 QAM Tingkatkan Kualitas 4,5G LTE

Teknologi layanan 5G ini merupakan terusan dari apa yang sudah diciptakan pada jaringan 4G LTE. Pada layanan 5G ini, tentunya akan ada peningkatakan kecepatan dalam transfer melalui jaringan.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), ingin memanfaatkan ajang asean games yang akan diselenggarakan pada Agustus 2018 mendatang sebagai momen untuk menguji coba teknologi layanan 5G LTE tersebut. Dalam keterangannya saat dihubungi Okezone, Sabtu (19/8/2017), Humas Kominfo, Nooriza mengiyakan hal tersebut.

Baca juga: Nih, Fitur yang Bisa Dinikmati Bila Teknologi 5G Rilis di Indonesia

“Menurut Menteri Komunikasi dan Informatika (Mekominfo), Pak Rudiantara, beliau ingin mendorong 5G berbasis LTE,” ungkapnya.

Uji coba tersebut nantinya akan dilakukan pada ajang Asian Games. “Beliau akan membuka kesempatan melakukan uji coba bersaman dengan perhelatan Asian Games,” tuturnya lagi.

 

Baca juga: Lebih Dekat dengan Perkembangan Jaringan 5G

Beberapa perusahaan teknologi telah melakukan sejumlah uji coba dalam layanan 5G tersebut. Salah satu perusahaan teknologi yang telah melakukan uji coba tersebut yakni AT&T, di mana mereka melakukan uji coba tersebut di Texas. (afr)

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini