Ngeri.. Ini Lho 5 Virus Komputer Paling Berbahaya di Dunia

Dini Listiyani, Jurnalis · Selasa 22 Agustus 2017 03:05 WIB
https: img.okezone.com content 2017 08 21 207 1759968 ngeri-ini-lho-5-virus-komputer-paling-berbahaya-di-dunia-y660NGX8TU.jpg (Foto: Shutter Stock)

JAKARTA - Virus komputer bisa menyebabkan kerugian bagi seseorang bahkan perusahaan. Oleh sebab itu, baik orang atau perusahaan menginvestasikan banyak uang untuk menjaga keamanan serta memelihara server dan sistem mereka dari virus dan malware.

Terdapat jutaan virus di dunia dengan tingkat risiko minimal hingga kritis. Lalu, virus komputer mana yang paling merusak dan berbahaya yang pernah ada dalam sejarah? Berikut ini daftarnya yang berhasil dirangkum Okezone dari berbagai sumber, Selasa (22/8/2017).

Stuxnet

Stuxnet merupakan virus komputer paling berbahaya dan merusak di dunia. Virus Stuxnet jauh lebih berbahaya dibandingkan senjata siber yang bisa dibayangkan. Menurut beberapa sumber, virus tersebut dirancang secara bersama oleh Amerika Serikat (AS) dan pemerintah Israel yang secara khusus menyerang pembangkit listrik tenaga nuklir Bushehr di Iran.

Mydoom

Muncul pada 2004, Mydoom merupakan worm untuk Windows yang menjadi salah satu worm e-mail paling cepat menyebar. Penulisnya tak diketahui dan diyakini bahwa pencipta dibayar untuk membuatnya karena mengandung pesan teks, “Andy; saya hanya melakukan pekerjaan saya, tak ada yang pribadi, maaf.”

Sasser

Sasser merupakan worm komputer yang menargetkan komputer yang menjalankan versi sistem operasi Microsoft Windows XP dan Windows yang rentan. Seorang siswa ilmu komputer Jerman berusia 18 tahun Sven Jaschan dari Rotenburg, Lower Saxony bertanggung jawab untuk menciptakan Sasser.

Conficker

Virus ini juga dikenal sebagai Downup atau Downadup, Conficker merupakan worm yang tak diketahui untuk Windows yang membuat penampilan pertamanya pada 2008. Nama tersebut berasal dari bahasa Inggris, ‘konfigurasi’ dan sebuah bahasa Jerman yang bermakna merendahkan. Virus ini menginfeksi komputer yang menggunakan kekurangan di OS untuk membuat botnet.

Malware ini mampu menginfeksi lebih dari 9 juta komputer di seluruh dunia, yang memengaruhi pemerintah, bisnis, dan individu. Ini merupakan salah satu infeksi worm yang diketahui terbesar yang pernah ada.

Melissa

Melissa merupakan virus makro massal. Virus Melissa juga dikenal sebagai ‘Mailissa’, ‘Kwyjibo’, atau ‘Kwejeebo’. Melissa yang sangat rentan telah menginfeksi hingga 20% komputer di selurh dunia. Selain itu, Melissa juga merupakan salah satu virus komputer terburuk sepanjang masa.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini