Desain Bulat Smartwatch Lebih Disukai Ketimbang Persegi, Benarkah?

Fellix Aditya, Jurnalis · Selasa 22 Agustus 2017 15:03 WIB
https: img.okezone.com content 2017 08 22 207 1760631 desain-bulat-smartwatch-lebih-disukai-ketimbang-persegi-benarkah-gYd0iGfFO9.jpg (Foto/Ilustrasi: Phone Arena)

JAKARTA – Smartwatch saat ini telah hadir dalam masyarakat untuk mendukung kegiatan mereka saat menggunakan smartphone. Pada umumnya smartwatch ini merupakan pasangan dari smartphone agar fungsinya dapat berjalan lebih optimal. Namun, beberapa seri menghadirkan smartwatch mandiri yang tidak perlu dikoneksikan dengan smartphone.

Desain dari smartwatch juga pertama kali hadir dengan bentuk persegi. Hal ini dikarenakan beberapa produsen belum dapat membuat desain smartwatch dengan bentuk bulat, selain itu beberapa perancang perangkat lunak juga mengalami kesulitan untuk memanfaatkan bentuk lingkaran pada smartwatch tersebut. Pertama kali smartwatch dengan bentak bulat dihadirkan oleh Motorola dengan Moto 360 generasi pertama.

Teknologi semakin berkembang dan smartwatch dengan desain bulat sudah banyak beredar. Samsung Gear S2 dan S3 mungkin menjadi nama yang paling ‘mentereng’ jika membicarakan smartwatch dengan desain bulat itu sedangkan untuk desain persegi sudah pasti nama Apple Watch yang pertama kali muncul dibenak para masyarakat penggemar gadget. Kelebihan Gear S2 dan S3 dibandingkan smartwatch dengan bentuk bulat yang lainnya adalah memiliki bezel yang dapat diputar yang sangat padu dengan perangkat lunak Tizen besutan Samsung.

Pun begitu, Apple masih setia dengan menggunakan layar berbentuk kotak. Layar dengan bentuk kotak atau persegi ini juga akan menghadirkan layar yang lebih besar dengan yang berdesain melingkar atau bulat. Hal ini juga yang membuat Apple masih menggunakan bentuk seperti ini pada generasi kedua Apple Watch mereka. Rumor lain menyebut bahwa generasi ketiga Apple Watch nanti akan hadir dengan bentuk melingkar, namun masih harus menunggu konfirmasi resmi dari Apple untuk dapat memastikan hal tersebut.

Lalu, bagaimana respon masyarakat terhadap smartwatch dengan bentuk yang berbeda ini. Tampaknya desain bulat ini merupakan desain yang jauh lebih disukai dibandingkan dengan bentuk persegi. Seperti dilansir dari Phone Arena, Selasa (22/8/2017), Phone Arena melakukan sebuah Polling dengan pertanyaan menyangkut desain seperti apa yang lebih disukai pada smartwatch. Terdapat tiga pilihan, yakni bulat, persegi, atau yang tidak masalah dengan bentuk apapun karena desain dan perangkat lunak merupakan yang utama.

Dalam situsnya, tampak polling dikuasai oleh bentuk bulat dengan vote mencapai 74% lebih. Bentuk persegi pada smartwatch jauh tertinggal dengan vote hanya sebesar 11% lebih. Sisanya diisi oleh pilihan ketiga yang di mana bentuk bukanlah masalah untuk mereka karena yang utama untuk mereka adalah desain dan perangkat lunak yang hadir di smartwatch tersebut. (flx)

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini