Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Nih Alasan Google "Sogok" Rp86,6 Triliun ke Samsung & iPhone

Tachta Citra Elfira, Jurnalis · Selasa 22 Agustus 2017 17:01 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 08 22 207 1760658 nih-alasan-google-sogok-rp86-6-triliun-ke-samsung-iphone-90Jb42bKRy.jpg Ilustrasi Foto.

MOUNTAIN VIEW – Kabar terbaru datang dari raksasa teknologi Google, ia telah memperbarui kontrak lisensinya dengan Samsung dan Apple. Menggelontorkan dana sekira Rp86,6 triliun, menjadi alasan Google tak ingin kehilangan pamor pada dua brand dunia yakni Samsung dan Apple.

Pasalnya Google telah mematrikan mesin pencarinya sebagai layanan bawaan atau preinstall di smartphone Samsung dan Apple. Maka ia memastikan hal tersebut berjalan dengan benar.

Maka dari itu, tentunya Samsung berhak menerima sejumlah keuntungan. Tergantung pada pendapatan iklan Google dari aplikasi preinstall yang terpasang di rentetan produk Galaxy.

Mendapati laporan Sammobile, Selasa (22/8/2017), Samsung disebut-sebut bisa menghasilkan USD3,5 miliar atau setara Rp46,6 triliun dari Google. Tak hanya Samsung, Apple pun menerima kontrak lisensi yang sama.

Google dikatakan berani membayar USD3 miliar atau sekira Rp40 triliun pada Apple agar mesin pencarinya terpasang secara otomatis di lini iPhone dan iPad. Jumlah tersebut meningkat dari sebelumnya yang hanya USD1 miliar atau Rp13 triliun pada 2014.

Meski Apple hingga kini masih berpikir mengenai hal tersebut, karena ia tak ingin kehilangan Safari pada perangkatnya.

Namun, nominal yang dibayarkan itu baru estimasi saja, karena transaksi diklaim akan bertahap selama setahun. Nilai kontrak yang tinggi tentu bergantung pada banyaknya unit smartphone yang dijual Samsung dan Apple selama 12 bulan.

Tak hanya Apple dan Samsung, brand lain pun juga dilirik Google untuk mematrikan mesin pencarinya sebagai layanan preinstall. Meski begitu, tetap Google mementingkan Apple dan Samsung lebih dahulu, sebab brand mereka yang saat inilah memegang pasar smartphone di seluruh dunia.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini