Kapan Gerhana Matahari Total Akan Kembali Terjadi? Nih Jadwalnya!

Moch Prima Fauzi, Jurnalis · Selasa 22 Agustus 2017 13:30 WIB
https: img.okezone.com content 2017 08 22 56 1760575 kapan-gerhana-matahari-total-akan-kembali-terjadi-nih-jadwalnya-1WdmFeNtfT.jpg (Foto: NBC News)

JAKARTA - Gerhana matahari telah melintas di Amerika Serikat pada 21 Agustus 2017. Fenomena langka tersebut disambut oleh ribuan warga Negeri Paman Sam yang menyaksikan dari berbagai tempat.

Sayangnya, masyarakat Indonesia tak sempat merasakan gerhana matahari kali ini. Sementara bagi warga Amerika Serikat yang terlewat melihatnya, baru bisa menyaksikan pada 7 tahun mendatang.

Baca juga: Bos Perusahaan Teknologi Ikut Nonton Gerhana Matahari Total, Siapa Saja?

Sebagaimana dikutip dari CNN, Selasa ( 22/8/2017), gerhana matahari akan kembali menghiasi langit Amerika Serikat pada 8 April 2024. Karena memiliki jalur lintasan yang berbeda dari tahun ini, gerhana matahari total itu akan terlihat kawasan Meksiko, Amerika bagian tengah, dan timur Kanada. Sedangkan untuk gerhana parsial bisa disaksikan di selatan dan tengah Amerika.

Menurut laporan NASA, proses terjadinya gerhana matahari total dapat terlihat secara diagonal yang melintas dari Texas ke Maine. Selain itu puncak gerhana akan berlangsung lebih lama yakni sekira 4,5 menit.

Baca juga: Wow! Warga Amerika Serikat Nonton Bareng Gerhana Matahari

Gerhana matahari total akan melintas di beberapa kota seperti Austin, Texas; Dallas; Little Rock, Arkansas; Indianapolis; Toledo, Cleveland dan Akron, Ohio; Buffalo dan Rochester, New York; Montpelier, Vermont; serta Montreal.

Sedangkan beberapa kawasan lain yang akan menyaksikan gerhana matahari total ialah Pasifik Selatan, Chili, Argentina (2019), Pasifik Selatan, Chili, Argentina, Atlantik Selatan (2020), Antartika (2020), Arktik, Greenland, Islandia, Spanyol (2026). Disusul Maroko, Spanyol, Algeria, Libya, Mesir, Arab Saudi, Yaman, Somalia (2027), Australia, Selandia Baru (2028), serta Bostwana, Afrika Selatan, dan Australia (2030).

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini