Jadi Perbincangan Netizen, Apa Itu Aplikasi Sarahah si Penantang Ask.fm

Tachta Citra Elfira, Jurnalis · Rabu 23 Agustus 2017 15:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 08 23 207 1761409 jadi-perbincangan-netizen-apa-itu-aplikasi-sarahah-si-penantang-ask-fm-idPAUyn4ah.jpg Ilustrasi Foto.

JAKARTA – Sarahah, sebuah aplikasi yang baru-baru ini menjadi viral di jejaring sosial. Aplikasi perpesanan ini diklaim berfokus pada privasi dan kepercayaan yang memungkinkan pengguna mengirim pesan anonim satu sama lain. Jika ditelusuri, aplikasi ini sangat mirip dengan Ask.fm.

Diluncurkan pada Juni 2017, aplikasi ini sudah memiliki jutaan pengguna dan telah berada di puncak App Store selama berminggu-minggu di belasan negara.

Jadi apa sebenarnya aplikasi Sarahah itu? Dan mengapa menjadi sangat viral juga populer di seluruh dunia?

Sarahah merupakan jejaring sosial yang dirancang untuk membiarkan pengguna mengirim juga menerima umpan balik yang jujur, dan mempelajari pendapat orang lain tentang Anda.

Sarahah, yang berarti kejujuran atau keterbukaan dalam bahasa Arab, memulai hidup sebagai alat umpan balik di tempat kerja, namun diperluas setelah seorang remaja mulai menggunakannya di Snapchat.

Diciptakan oleh seorang pengembang dari Arab Saudi yang disebut ZainAlabdin Tawfiq. Aplikasi yang dibesutnya ini berguna sebagai cara bagi orang untuk berbagi pemikiran jujur tanpa nama dengan teman dan orang baru.

“Sarahah membantu Anda dalam menemukan kekuatan dan area Anda untuk perbaikan dengan menerima umpan balik yang jujur dari karyawan dan teman Anda secara pribadi,” tulis keterangan aplikasi Sarahah.

Tampaknya, tujuan aplikasi ini awalnya membantu pengguna di tempat kerja untuk menemukan bidang kekuatan mereka dan mereka yang membutuhkan perbaikan. Di luar kantor, aplikasi ini dimaksudkan untuk memberi teman tempat berkomunikasi secara jujur satu sama lain, baik untuk kekuatan dan perbaikan diri.

Berbeda dengan jejaring sosial lainnya, pengguna tidak dapat saling berinteraksi secara langsung. Tidak ada mekanisme balasan, atau indikasi dari siapa pesan itu berasal.

Lalu bagaimana cara kerjanya?

Setelah diunduh, pengguna perlu membuat akun di aplikasi Sarahah agar dapat menerima pesan. Mereka dapat berbagi profil mereka dengan teman atau akun media sosial lainnya, sehingga orang lain dapat mengirimkan pesan anonim kepada Anda.

Pengguna juga dapat mencari orang yang mereka kenal jika mereka memiliki nama pengguna di bagian penelusuran aplikasi. Pesan baru akan muncul di umpan pada aplikasi yang dapat difavoritkan, diteruskan atau dihapus.

Pengirim tidak diberitahu tentang tindakan ini. pengguna juga bisa memblokir pengirim jika mereka menerima pesan yang menyinggung atau membuat mereka tidak nyaman. Sarahah tidak membiarkan pengguna membalas pesan atau mencari tahu siapa yang mengirimnya.

Sementara itu Ask.fm bukanlah sebuah media sosial yang baru, karena sudah ada sejak 2013 silam. Ask.fm menyuguhkan sebuah wadah tanya jawab bagi para penggunanya. Di sini para pengguna pun dapat bertanya ke pengguna yang lain ataupun menjawab pertanyaan dari orang lain.

Tak hanya bertanya, pengguna juga meminta pengguna lain untuk melakukan sesuatu seperti mem-posting foto dan lainnya. Pengguna juga dapat memberikan like pada pertanyaan dan jawaban yang diajukan oleh para pengguna Ask.fm. Demikian dinukil dari Android Authority, Rabu (23/8/2017).

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini