Pertemuan Bos Alibaba dengan Menkominfo, Pengamat: Kehadiran Jack Ma Akan Beri Perubahan di E-Commerce Indonesia

Tachta Citra Elfira, Jurnalis · Rabu 23 Agustus 2017 14:37 WIB
https: img.okezone.com content 2017 08 23 207 1761446 pertemuan-bos-alibaba-dengan-menkominfo-pengamat-kehadiran-jack-ma-akan-beri-perubahan-di-e-commerce-indonesia-ajwGPJOj2k.jpg Foto : Reuters

JAKARTA - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara pada 22 Agustus 2017 mengunjungi China dan bertemu dengan pendiri sekaligus Bos Alibaba Group yakni Jack Ma.

Kunjungan tersebut merupakan kelanjutan dari penunjukan Ma sebagai penasihat e-commerce di Indonesia. Pengamat Multimedia Heru Sutadi menilai kunjungan Jack Ma akan memberi perubahan dan masukan serta arahan bagaimana e-commerce Indonesia ke depannya.

“Kita tidak tahu Jack Ma akan berperan real seperti apa, tapi paling tidak memberikan masukan dan arahan bagaimana e-commerce Indonesia ke depan seharusnya,” ujar Heru kepada Okezone saat dihubungi via pesan elektronik, Rabu (23/8/2017).

Heru menjelaskan, tahun ini e-commerce Indonesia sedang mengalami pertumbuhan yang pesat, begitupun dengan fintech. Meski demikian, memerlukan strategi yang jitu, di mana harus ada yang dibenahi di dalamnya jika ingin terus berkembang.

E-commerce mau maju ya leadership ditonjolkan, infrastruktur dibenahi, literasi masyarakat ditingkatkan dan berikan trust pada pengguna serta ke depankan UMKM,” katanya.

Akan tetapi, campur tangan Jack Ma menjadi penasihat e-commerce di Indonesia cukup menjadi perhatian publik. “Di sisi lain, posisi Jack Ma dikhawatirkan memiliki konflik kepentingan karena sudah memiliki dua bisnisnya (Lazada dan Tokopedia) serta menancapkan kuku Alibaba lebih dalam di Indonesia,” ungkap Heru.

Meski begitu, Heru tak menampik jika kehadiran Jack Ma akan memberi angin segar bagi e-commerce dan memajukan startup di Indonesia. Salah satunya, dengan menggelontorkan kucuran dan kepada dua industri tersebut.

“Kalau saya lihat arahnya penasehat (Jack Ma), memberikan arahan dan kalau bisa terus menggelontorkan investasi ke Indonesia. Namun di sisi lain, banyak yang khawatir ini tidak sesuai dengan nawacita khususnya kemandirian ekonomi,” imbuh Heru.

Sebelumnya pada September 2016 dilaporkan, bos Alibaba Jack Ma secara prinsip telah menyetujui untuk menjadi penasihat e-commerce di Indonesia. Menkominfo Rudiantara menyebutkan, Jack Ma baru akan terlibat usai terbentuknya perpres roadmap e-commerce Indonesia.

Jika sudah terbit payung hukumnya, steering committee e-commerce Indonesia akan diketuai oleh Menko Perekonomian Darmin Nasution.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini