Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Diklaim Lebih Efisien, Seberapa Aman Komputasi Awan?

Tachta Citra Elfira, Jurnalis · Kamis 24 Agustus 2017 14:56 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 08 24 207 1762232 diklaim-lebih-efisien-seberapa-aman-komputasi-awan-RPmOPTsdiJ.jpg Ilustrasi cloud computing (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Perkembangan teknologi informasi semakin berkembang dan mendorong Indonesia memasuki era baru dalam teknologi digital, yakni Cloud computing atau dikenal sebagai komputasi awan.

Megawaty Khie, Vice President SAP SuccessFactords South East Asia, menjelaskan, tren Cloud saat ini tak hanya secara global yang sedang berkembang, tetapi Indonesia juga termasuk dalam daftar negara yang berkembang dengan penggunaan Cloud.

“Kalau saya bicara global, tren cloud itu sangat cepat ya saat ini, market valuation untuk bisnis cloud sangat tinggi. Di Indonesia, tadinya itu pelan ya terus terang, mereka masih agak khawatir, tapi sekarang penerimaannya cukup baik, termasuk sejumlah Kementerian. Biasanya mereka lebih ragu-ragu, tapi sekarang tidak di public sektor maupun swasta itu jauh lebih meningkat,” ujar Megawaty Khie saat ditemui di acara Memperingati 20 Tahun Keunggulan Bisnis di Ajang Asian Innovators Summit, Kamis (24/8/2017).

Diketahui, komputasi awan adalah suatu teknologi yang mampu meningkatkan efisiensi penggunaan sumber daya teknologi informasi dan komunikasi. Komputasi merupakan penggabungan pemanfaatan teknologi komputer, jaringan, server, dan aplikasi berbasis internet.

Meski mengandalkan teknologi komputasi awan, bukan berarti terdapat sistem keamanan yang menjamin terjaganya data para pengguna, untuk itu Megawaty mengungkapkan bahwa pengguna Cloud tak perlu khawatir akan hal tersebut. Sebab kini, kecanggihan teknologi sudah menjamin hal itu.

"Menurut saya (keamanan) ibaratnya ada uang taruh di bawah kasur atau di bank, memang orang terkadang berpikir taruh di tempat sendiri lebih aman, sebenarnya tidak tentu. Kalau di Cloud diterapkan security yang tinggi, karena ada kewajiban untuk menjaga data customer. Dan nggak hanya menjaga satu saja, tapi ribuan,” ungkap Megawaty.

“Jadi Cloud saya pikir dengan perkembangan sekarang, pandangan keamanan memang ada kekhawatiran itu, tapi dengan berjalannya waktu orang lebih mau menerima itu (Cloud),” tambah Megawaty.

Di sisi lain, penggunaan Cloud memang sangat penting. Terutama jika Anda keterbatasan penyimpanan pada data yang besar. Dengan adanya Cloud computing, sebuah perusahaan juga akan menghemat biaya operasional dan menjadi lebih efisien.

Saat kebutuhan akan pemakaian, pemeliharaan dan keamanan sistem informasi semakin meningkat, mendorong perusahaan ataupun organisasi untuk meningkatkan dan mengamankan sistem mereka dengan menggunakan Cloud.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini