nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Waduh! Dianggap Tak Menguntungkan, XL Axiata Lepas Saham Elevenia

Lely Maulida, Jurnalis · Kamis 24 Agustus 2017 16:14 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 08 24 207 1762317 waduh-dianggap-tak-menguntungkan-xl-axiata-lepas-saham-elevenia-wNmJ2kzhxW.jpg (Foto: Okezone)

JAKARTA – Misteri saham XL Axiata di Elevania akhirnya terjawab. Setelah cukup lama tak diungkap, akhirnya XL Axiata melepaskan sahamnya di bisnis e-commerce tersebut.

XL Axiata menandatangani Perjanjian Jual Beli Bersyarat (CPSA) sebagai upayanya untuk melepas seluruh kepemilikan saham di PT XL Planet (Elevenia). Langkah ini juga termasuk melepas seluruh saham dari SK Planet - perusahaan yang bermitra dengan XL dalam membangun Elevenia, kepada PT Jaya Kencana Mulia Lestari dan Superb Premium Pte. Ltd.

CEO XL Axiata Dian Siswarini, mengatakan, keputusan yang diambil oleh perusahaannya telah melalui perhitungan yang matang.

“Keputusan ini kami ambil melalui perhitungan yang cermat terhadap berbagai opsi yang dapat memberikan nilai tambah bagi perusahaan,” kata Dian Siswarini dalam keterangan yang diterima Okezone, Kamis (24/8/2017).

Langkah strategis untuk melepas kepemilikan Elevenia, menjadikan XL Axiata fokus pada bisnis utamanya dan mengembangkan bisnis layanan data. Keputusan ini juga dinilai mengurangi dampak yang timbul dari Elevenia dan memungkinkan XL Axiata untuk mengalokasikan modal dari para investor.

“Hal ini memungkinkan kami untuk lebih fokus sebagai penyedia jasa layanan telekomunikasi data, sedangkan dukungan terhadap industri e-Commerce akan tetap kami lakukan melalui fitur-fitur digital di layanan data yang kami sediakan untuk pelanggan,” terangnya.

Sebelumnya, E-commerce sendiri dinilai tak sejalan dengan matriks bisnis telekomunikasi yang dijalankan oleh XL Axiata. Dijelaskan Dian kepada Okezone, matriks bisnis telekomunikasi dan digital memang berbeda, sehingga sulit bagi perusahaan seperti XL Axiata untuk mendulang kesuksesan berkat e-commerce.

“Bisnis digital itu kalau kita lihat di seluruh dunia, telco yang berhasil masuk ke bisnis digital sedikit banget. Jadi emang sulit ya, karena memang bisnis ini matriksnya berbeda,” terangnya beberapa waktu lalu.

Sektor e-commerce sendiri telah tumbuh pesat dengan banyaknya pemain, sehingga menimbulkan kompetisi yang ketat yang pada akhirnya mendorong ke dalam model bisnis dengan investasi besar.

XL Axiata juga menilai pendatang baru dari pemain besar yang didukung oleh investor raksasa telah menyebabkan kompetisi yang semakin keras dan jurang ketidakpastian yang semakin dalam terhadap tercapainya profitabilitas. Dengan pertimbangan tersebut, XL Axiata melepas sahamnya di Elevenia.

Perusahaan yang lekat dengan warna biru itu memiliki 50% saham kepemilikan di Elevenia. Persentase yang sama juga dikuasai oleh SK Planet.

Kesepakatan CPSA sendiri berlaku untuk pengalihan saham yang dimiliki oleh XL Axiata dan SK Planet. Transaksi yang ditempuh kedua perusahaan tersebut diharapkan selesai pada paruh kedua tahun ini setelah terpenuhnya kondisi-kondisi yang disyaratkan dan diperolehnya persetujuan dari beberapa instansi terkait. (lnm).

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini