nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

XL Lepas Saham Elevenia, Mastel: Bisnis Telco dengan Digital Bisnis Berbeda

Lely Maulida, Jurnalis · Jum'at 25 Agustus 2017 07:03 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 08 24 207 1762621 xl-lepas-saham-elevenia-mastel-bisnis-telco-dengan-digital-bisnis-berbeda-ZonF9MaFaR.jpg (Foto: Okezone)

JAKARTA – XL Axiata memilih untuk hengkang dari bisnis digitalnya melalui e-commerce Elevenia. Tak hanya XL Axiata, SK Planet - perusahaan yang bermitra dengan XL dalam membangun Elevenia juga turut melepas sahamnya.

Belum lama ini, XL Axiata menandatangani Perjanjian Jual Beli Bersyarat ("CSPA") untuk melepas seluruh kepemilikan sahamnya di PT XL Planet (Elevenia) termasuk seluruh saham dari SK Planet kepada PT Jaya Kencana Mulia Lestari dan Superb Premium Pte. Ltd.

Langkah ini ditempuh XL Axiata karena matriks bisnis e-commerce tak selaras dengan bisnis telekomunikasi yang selama ini menjadi fokusnya.

Baca: Waduh! Dianggap Tak Menguntungkan, XL Axiata Lepas Saham Elevenia

Dijelaskan Kristiono, Ketua Umum Masyarakat Telematika Indonesia (Mastel), keputusan yang dipilih XL Axiata merupakan hal yang wajar. Ia juga mengakui bahwa model bisnis telekomunikasi dan digital sangat berbeda.

“Wajar kalau dilepas karena bisnis model telco dengan digital binis sangat berbeda,” katanya kepada Okezone, Jumat (25/8/2017).

Kristiono juga mengatakan bahwa bisnis telekomunikasi dan digital sulit untuk disatukan karena model bisnisnya yang berbeda.

“Membutuhkan attitude dan ukuran kinerja investasi serta valuasi yang beda. Sangat sulit menyatukan dalam portfolio satu entitas usaha,” terangnya.

Baca juga: Soal Elevenia, CEO XL Axiata: Bisnis Digital Sebaiknya Tak Bernaung di Dalam Perusahaan

Lepasnya saham XL Axiata membuat perusahaan yang akrab dengan warna biru tersebut fokus pada bisnis utamanya dan mengembangkan bisnis layanan data. Keputusannya juga dinilai mengurangi dampak yang timbul dari Elevenia dan memungkinkan XL Axiata untuk mengalokasikan modal dari para investor.

Diketahui XL Axiata memiliki 50% saham kepemilikan di Elevenia. Persentase yang sama juga dikuasai oleh SK Planet di e-commerce tersebut.

Sektor e-commerce sendiri telah tumbuh pesat dengan banyaknya pemain, sehingga menimbulkan kompetisi yang ketat yang pada akhirnya mendorong ke dalam model bisnis dengan investasi besar.

Baca juga: Genjot Bisnis Digital, XL Mulai Fund Rising Elevenia

XL Axiata juga menilai pendatang baru dari pemain besar yang didukung oleh investor raksasa telah menyebabkan kompetisi yang semakin keras dan jurang ketidakpastian yang semakin dalam terhadap tercapainya profitabilitas.

Kesepakatan CPSA sendiri berlaku untuk pengalihan saham yang dimiliki oleh XL Axiata dan SK Planet. Transaksi yang ditempuh kedua perusahaan tersebut diharapkan selesai pada paruh kedua tahun ini setelah terpenuhnya kondisi-kondisi yang disyaratkan dan diperolehnya persetujuan dari beberapa instansi terkait. (lnm).

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini