Mantap! Menkominfo Kunjungi Taman Teknologi di China

Moch Prima Fauzi, Jurnalis · Jum'at 25 Agustus 2017, 08:25 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 08 25 207 1762751 mantap-menkominfo-kunjungi-taman-teknologi-di-china-78LL2TJN98.jpg (Foto: Moch. Prima Fauzi/Okezone)

JAKARTA - Setelah bertemu dengan bos sekaligus pendiri Alibaba, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara turut mengunjungi taman teknologi Tsinghua Science Park, di China. Kunjungan tersebut dilakukan di sela-sela acara Dialog Ekonomi Tingkat Tinggi antara Indonesia dengan China.

Tsinghua Science Park merupakan tempat yang ditujukan untuk mengembangkan startup. Tempat tersebut didirikan guna menciptakan iklim serta ekosistem sebagai infrastruktur penunjang tumbuhnya rintisan usaha baru, termasuk sebagai inkubator.

Hingga kini, jumlah inkubator tersebut telah ada lebih dari 100 dan tersebar di 50 kota di China maupun di luar China. Tsinghua Science Park akan menjadi akselerator di Shanghai yang akan mempertemukan startup dengan investor yang memberikan bantuan dana.

Tak hanya taman teknologi, Universitas Tsinghua juga menyediakan platform yang menyediakan edukasi kepada startup. Platform yang dinamakan XLab tersebut menyediakan edukasi dari hulu hingga hilir bagi para alumni kampus. Selain itu mahasiswa aktif juga bisa berpartisipasi dalam platform tersebut.

Universitas Tsinghua juga bekerjan sama dengan pemerintah lokal, sektor privat, dan institusi pendidikan lainnya. Berkat jalinan dengan berbagai pihak, kampus tersebut memiliki berbagai jenis pendanaan untuk membantu startup berkembang.

Adapun jenis-jenis dana yang dimiliki oleh Tsinghua University diantaranya Incubation Fund, VC fund dan Private Equity (PE) Fund.

Kunjungan Menkominfo ke Tsinghua Science Park itu bersama Menko Perekonomian, Darmin Nasution. Tujuannya ialah untuk meminta masukan bagaimana mengembangkan taman teknologi di Indonesia. Sementara itu, Tsinghua menyarankan agar science park difokuskan pada masing-masing keunggulan yang dimiliki oleh daerah.

Mengutip halaman Antara, taman teknologi Tsinghua Science Park di China kemungkinan bisa menjadi contoh model bagi Indonesia.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini