nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

OKEZONE INNOVATION: Kisah YouTube yang Didirikan 3 Mantan Karyawan PayPal

Lely Maulida, Jurnalis · Jum'at 25 Agustus 2017 18:34 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 08 25 207 1763207 okezone-innovation-kisah-youtube-yang-didirikan-3-mantan-karyawan-paypal-DxcYSd0oD1.jpg (Foto: Reuters)

JAKARTA – Seiring berkembangnya perangkat teknologi, konten foto dan video menjadi hal yang tak lagi sulit didapatkan. Platform berbagi video seperti YouTube juga semakin berkembang setelah ases ke internet semakin mudah didapatkan.

YouTube merupakan platform hosting video memungkinkan pengguna mengunggah video yang mencakup klip musik buatan sendiri, video pendidikan, tayangan TV, dan konten amatir seperti video blogging. YouTube juga menjadi platform bagi perusahaan untuk merilis video resmi seperti video klip resmi, trailer film serta iklan bisnis.

YouTube didirikan oleh Chad Hurley, Jawed Karim dan Steve Chen pada tahun 2005. Mulanya, ketiga orang tersebut merupakan karyawan PayPal. Ada banyak cerita tentang bagaimana mereka terinspirasi mendirikan YouTube.

Sebagian menyebutkan bahwa mereka terinspirasi oleh kesulitan dalam mengirimkan file video via email. Sementara sebagian lainnya mengatakan bahwa mereka merancang YouTube karena dipengaruhi oleh situs ‘panas’ dan berencana membuat versi video dari situs kencan online.

Domain YouTube sendiri telah terdaftar pada bulan Februari 2005, dan situsnya memulai debut di bulan Mei. YouTube menjadi sukses besar karena apresiasi dari banyak orang.

Perusahaan tersebut menawarkan versi beta pada Mei 2005 dan mmeperoleh suntikan dana dari Sequoia Capital sekira USD3,5 juta. YouTube kemudian diluncurkan secara resmi pada November 2005.

Pada Juli 2006, perusahaan mengungkapkan bahwa lebih dari 65.000 video telah mereka diupload. Video dalam platform-nya juga telah tayang lebih dari 100 juta kali dalam sehari.

YouTube tumbuh dengan begitu pesat. Alhasil, ketiga pendiri YouTube membutuhkan lebih banyak modal untuk menjaga server tetap berjalan dan meningkatkan bandwith agar mampu meningkatkan jumlah video setiap harinya.

Mereka juga berinvestasi untuk menambahkan fitur baru yang turut berkontribusi terhadap peningkatan keberhasilan dan pertumbuhannya.

Video YouTube pertama diunggah pada 23 April 2005. Setiap bulannya jutaan penonton melihat jutaan video yang diunggah hampir dalam berbagai bahasa di dunia. Hal ini mengakibatkan pangsa pasarnya meningkat lebih dari 40% pada tahun 2013 di Amerika Serikat (AS).

November 2006, Google membeli YouTube dengan mahar USD1,65 miliar. Ini merupakan nilai pembelian besar yang diperoleh ketiga pendiri YouTube. Sejak tahun 2007, YouTube menjadi bagian resmi dari Google Universe. Di tahun yang sama, YouTube mengkonsumsi bandwith internet paling banyak di tahun 2000.

YouTube kemudian tumbuh menjadi situs yang paling banyak dikunjungi setelah Google dan Facebook. Secara natural, lebih dari 75% konten diunggah dari luar AS.

Maret 2010, YouTube memulai fitur live streaming beberapa konten termasuk acara olahraga dan konser. Pada Mei 2011, jumlah pengunjung per harinya mencapai angka tiga miliar.

Semua pemilik akun YouTube diizinkan mengunggah konten dalam format seperti AVI, MOV, MP4, MPEG-4, WMV, dan VOB. Banyak video yang diposting di YouTube menjadi viral dan tayang dengan jumlah penonton tinggi dalam waktu singkat.

Video seperti 'Gangnam Style' dan 'Harlem Shake' telah beredar dan mengumpulkan miliaran penayangan di seluruh dunia dalam rentang waktu yang singkat. Belum lama ini, Despacito mengungguli video terpopuler di YouTube dengan jumlah tayang lebih dari tiga miliar. (lnm).

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini