Wow! Suntik Dana Rp58,7 Triliun, SoftBank Makin Gencar di Asia Tenggara

Lely Maulida, Jurnalis · Sabtu 26 Agustus 2017 17:07 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 08 26 207 1763655 wow-suntik-dana-rp58-7-triliun-softbank-makin-gencar-di-asia-tenggara-dEkB4lycYr.jpg (Foto: Reuters)

JAKARTA – Suntikan dana dari SoftBank seolah tak ada habisnya. Perusahaan asal Jepang itu kini kembali mengucurkan dana miliaran pada WeWork.

Startup yang mengelola layanan berbagi kantor itu mengumumkan bahwa SoftBank telah menyuntikan dana senilai USD4,4 miliar atau setara dengan Rp58,7 triliun pada perusahaannya.

Baca: SoftBank Rajin Melakukan Investasi di Startup, Uang dari Mana?

Sejak diluncurkan di New York tujuh tahun yang lalu, WeWork mengklaim telah berkembang menjadi jaringan dengan lebih dari 150.000 anggota di sekitar 160 lokasi di seluruh dunia.

WeWork yang menawarkan ruang kerja bersama bergaya gudang kepada perusahaan-perusahaan kecil, terutama para startup teknologi itu, diharapkan dapat menggunakan miliaran investasi SoftBank untuk memperluas kehadirannya secara global.

“WeWork memanfaatkan teknologi terbaru dan sistem data miliknya sendiri untuk secara radikal mengubah cara kerja orang," kata Chief Executive SoftBank Group, Masayoshi Son dalam sebuah pernyataan.

Baca juga: Mantap! Investor Asing Mulai Lirik Startup Tanah Air, Kok Bisa?


"Kami sangat senang mendukung WeWork karena mereka memperluas pasar dan geografi serta melepaskan gelombang baru produktivitas di seluruh dunia," terangnya.

Investasi yang dilakukan oleh SoftBank dan Vision Fund-nya akan mencakup USD3 miliar yang disuntikkan ke dalam operasi inti WeWork melalui saham baru dan pembelian saham yang ada.

Sisanya, yakni senilai USD1,4 miliar akan digunakan untuk membeli saham di perusahaan WeWork yang baru dibuat, yang berfokus di China, Jepang, Korea Selatan, dan Asia Tenggara. Pendanaan itu juga akan memberikan peluang bagi SoftBank untuk mendapatkan beberapa kursi di dewan direksi WeWork.

Baca juga: OKEZONE STORY: Kisah Masayoshi Son, Bill Gates Asal Jepang yang Sukses Berkat SoftBank

Dengan investasi terakhir ini, WeWork yang dikelola secara pribadi telah mengumpulkan dana hampir USD10 miliar sejak memulai debutnya, menurut situs Crunchbase yang melacak dukungan finansial dari perusahaan teknologi baru.

"Masayoshi Son adalah pemimpin bisnis yang visioner dan kami merasa rendah hati dengan dukungan dan misi kami yang kuat ini," kata pendiri dan chief executive WeWork, Adam Neumann.

Baca juga: Dapat Investor Baru, Grab Siap Salip Go-Jek dan Uber


SoftBank diketahui tak hentinya mengumbar dana ke berbagai startup. Di Asia Tenggara, belum lama ini perusahaan Jepang tersebut bersama Didi Chuxing menggelontorkan dana sekira USD2 miliar untuk pendanaan Grab, yang juga beroperasi di Indonesia.

Investasinya di WeWork yang turut merambah wilayah Asia Tenggara, tentunya menjadi salah satu langkah yang turut memperluas ekspansi SoftBank. Demikian seperti dilansir Japan Today, Sabtu (26/8/2017). (lnm).

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini