Share

7 Hal Ini Tak Boleh Dilakukan oleh Astronot di Luar Angkasa, Apa Saja?

Tachta Citra Elfira, Jurnalis · Senin 28 Agustus 2017 08:30 WIB
https: img.okezone.com content 2017 08 27 56 1764176 7-hal-ini-tak-boleh-dilakukan-oleh-astronot-di-luar-angkasa-apa-saja-ou9U3fQgrJ.jpg Foto : NASA

JAKARTA – Tidak mudah menjadi astronot, sebab bukan hanya mempertanggungjawabkan pekerjaan di luar angkasa, melainkan mereka juga tidak boleh melakukan hal yang biasa mereka lakukan ketika di Bumi.

Lantas, apa saja yang sulit mereka lakukan di luar angkasa? Berikut Okezone rangkum dari berbagai sumber, Senin (28/8/2017).

1. Makan Roti

Ucapkan selamat tinggal pada sandwich. Roti tidak diperbolehkan di luar angksa, karena remah-remahnya akan berterbangan ke mana-mana. Namun, astronot dapat memakan tortilla yang dikemas khusus untuk mengkonsumsi karbohidrat.

2. Makan Sayuran

Di luar angksa, sayuran seperti bayam hadir dalam kemasan hampa udara. Untuk membuatnya dapat dimakan, astronot menempelkannya ke distributor air dan mengisi tas hingga air berubah menjadi kering, dan menjadi makanan bertekstur.

3. Cuci Tangan

Di lua angksa, air dibawa dalam kantong khusus, tidak ada bak mandi. Astronot menyemprotkan sesendok air sabun yang keluar dari kantong melalui sedotan. Tanpa gravitasi, partikel air akan mengapung di udara. Astronot menjebak cairan dengan tangan dan busa, lalu mengeringkannya dengan handuk.

4. Mencukur dan Memotong Rambut

 

Tidak ada yang ingin melihat rambut terbang mengelilingi kabin. Untuk mendapatkan potongan rambut, astronot menggunakan alat cukur rambut yang menempel pada vakum yang dapat menyedot semua rambut.

5. Tidur

Mengikat dan memutar dalam tidur, tidak terlalu bermasalah saat memiliki gravitasi yang menahan astronot. Tapi di orbit, astronot menambatkan diri mereka ke kantong tidur yang menempel di dinding lantai, atau langit-langit untuk mencegah mereka terbang di sekitar kabin saat sedang tidur.

6. Minum Kopi

Air merupakan bahan utama dalam minuman kopi, tapi menuangkan bubuk kopi ke dalam air mendidih, sementara dalam gaya berat mikro adalah resep untuk terjadinya bencana. Mesin espresso baru-baru ini yang menggunakan bahan dasar kapsul dikembangkan khusus untuk mengorbit bersama astronot.

7. Menggunakan Toilet

Percaya atau tidak, sebelum pergi ke luar angkasa, astronot menyelesaikan program pelatihan toilet. Ada dua mekanisme kamar mandi yang berbeda, masing-masing dirancang untuk fungsi tubuh tertentu. Ketika panggilan alam, astronot menggunakan dudukan toilet tertentu yang dirancang khusus untuk limbah padat, dan tabung hampa cair dengan corong berukuran yang berbeda untuk pria dan wanita. (cit)

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini