Akhirnya! Uber Temukan CEO Baru, Siapa Dia?

Dini Listiyani, Jurnalis · Senin 28 Agustus 2017, 11:16 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 08 28 207 1764392 akhirnya-uber-temukan-ceo-baru-siapa-dia-CZ9N6BxFyA.jpg Dara Khosworshashi (Foto: Reuters)

CALIFORNIA - Uber Technologies Inc pada Minggu, 27 Agustus 2017 waktu setempat telah memilih Dara Khosrowshahi, chief executive perusahaan perjalanan Expedia Inc, sebagai Chief Executive Office (CEO).

Khosrowshahi akan mengambil tugas untuk memperbaiki citra Uber, memperbaiki hubungan yang tak baik antara investor, membangun kembali semangat kerja karyawan dan menciptakan bisnis yang menguntungkan setelah tujuh tahun mengalami kerugian.

Ia juga bersaing dengan Travis Kalanick, pendiri Uber yang digulingkan sebagai CEO pada Juni setelah pemegang saham yang mewakili sekira 40% suara perusahaasn tersebut menandatangani sebuah surat, yang meminta ia untuk turun di tengah kekhawatiran yang berkembang mengenai perilakunya dan manajer senior di bawahnya.

Dewan direksi Uber telah bertemu setiap hari dan mempertimbangankan pilihannya untuk CEO sepajang akhir pekan. Seorang juru bicara mengatakan pada Minggu, dewan tersebut telah memilih namun menolak untuk mengungkapkan pilihannya secara terbuka.

Sementara itu, juru bicara Uber menolak berkomentar soal CEO baru itu. Bahkan, perwakilan Expedia tak segera menanggapi permintaan untuk berkomentar seperti dikutip dari Venture Beat, Senin (28/8/2017).

Khosrowshahi sendiri tak diketahui publik sebagai salah satu kandidat teratas untuk peran CEO Uber. Namun, ia mengalahkan Jeff Immelt, ketua General Electric Co dan salah satu finalis lainnya untuk pekerjaan tersebut.

Khosrowshahi mengelola Expedia selama 12 tahun akan mengakhiri budaya perusahaan yang dibangun di atas kendali pendiri.

Uber sebelumnya banyak tersandung masalah, salah atunya soal tuduhan pelecehan seksual, tuntutan hukum yang menuduh pencurian rahasia dagang, penyelidikan pidana federal atas penggunaan software untuk menghindari regulator kota, dan tuduhan para eksekutif yang salah menangani catatan medis korban yang diperkosa sopir Uber di India.

(din)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini