ATM Offline Gara-Gara Gangguan Satelit Telkom 1, Nih Langkah yang Ditempuh Bank

Tim Okezone, Jurnalis · Senin 28 Agustus 2017 18:28 WIB
https: img.okezone.com content 2017 08 28 207 1764760 atm-offline-gara-gara-gangguan-satelit-telkom-1-nih-langkah-yang-ditempuh-bank-KuqV4QdJwC.jpg (Foto: Shutter Stock)

JAKARTA - Satelit Telkom 1 mengalami gangguan sejak 25 Agustus 2017. Terganggunya satelit miliki Telkom ini membuat sejumlah Anjungan Tunai Mandiri (ATM) perbankan di Tanah Air offline.

ATM miliki PT Bank Central Asia (BCA) turut terkena dampak dari gangguan satelit Telkom-1. Diketahui, akibat gangguan itu lebih dari 5.000 mesin ATM BCA terkena dampak.

BCA sendiri memang mengandalkan satelit dalam pengoperasian mesin ATM. Jaringan satelit diyakini lebih efisien dan cepat dibandingkan menggunakan fiber optik. Penggunaan satelit ini juga bisa menjangkau kawasan lain seperti pusat perbelanjaan dan gedung bertingkat.

BCA telah melakukan antisipasi sejak jauh-jauh hari terkait gangguan satelit. Salah satunya menggunakan 5 satelit dan tak terpaku pada satelit Telkom-1, seperti dikutip dari Okezone Finance, Senin (28/8/2017).

Gangguan juga berdampak pada ATM BRI. Menurut BRI, ATM yang terkena dampak ini hanya ATM yang belum menggunakan jaringan BRISat. Meski begitu, BRI tengah berusaha memperbaiki dan menangani permasalahan yang ada, salah satunya dengan memindahkan jaringan yang mengalami gangguan ke BRISat.

Selain BCA dan BRI, ATM milik bank BNI ikut terkena dampak. Untuk mengatasinya, BNI memiliki cara sendiri. Ia mengerahkan BNI Layanan Gerak (BLG) atau mobil-mobil yang didesain untuk memberikan pelayanan perbankan secara mobile.

Tak hanya itu, BNI juga mengarahkan nasabah outlet-outlet yang terganggu jaringan komunikasinya ke outlet terdekat yang tak mengalami gangguan.

Lalu bagaimana dengan nasib bank Mandiri. Ya, bank ini juga ikut terkena dampak dari adanya gangguan satelit Telkom 1. Dikatakan, sebanyak 2.000 ATM milik Mandiri offline karena imbas gangguan satelit ini. Berbeda dengan BRI dan BCA, Mandiri mengantisipasi gangguan satelit Telkom 1 dengan cara memindahkan jaringan fixed line.

(din)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini