nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

BlackBerry Niat Jual ROM Android, Kok Bisa?

Moch Prima Fauzi, Jurnalis · Selasa 29 Agustus 2017 08:30 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 08 28 207 1764942 blackberry-niat-jual-rom-android-kok-bisa-dOKXLK2jU4.jpg (Foto: IB Times)

JAKARTA - Setelah tak lagi berjualan smartphone, BlackBerry memang sedang berfokus pada penjualan perangkat lunak buatannya. Perusahaan asal Kanada itu kabarnya bakal menjual salah satu asetnya ke perusahaan lain.

Sebagaimana dilaporkan Ubergizmo, Selasa (29/8/2017), BlackBerry berencana untuk menjual lisensi ROM Android miliknya. Nantinya, platform Android yang dijual perusahaan bakal memiliki kemampuan sistem keamanan DTEK.

BlackBerry juga turut menyertakan pembaruan keamanan software yang lebih cepat dari yang dilakukan Google.

Berdasarkan publikasi yang dimuat The Economic Times, ROM Android buatan BlackBerry akan disebut sebagai BlackBerry Secure. ROM tersebut dilaporkan akan memiliki fitur keamanan yang saat ini ditemukan pada ponsel buatannya.

Meski demikian, masih belum diketahui vendor smartphone Android mana yang akan memiliki pilihan bagi ROM BlackBerry, mengingat bahwa mereka juga memiliki masing-masing ROM.

Selama ini BlackBerry telah berusaha dalam mempertahankan eksistensinya di ranah teknologi. Dalam halam hal penjualan smartphone, BlackBerry telah kehilangan pangsa pasarnya sejak kepopuleran smartphone berbasis Android.

Dengan mengusung sistem operasi yang populer tersebut, perusahaan pun berharap bisa bertahan. Selain itu BlackBerry juga telah membuat keputusan untuk fokus pada penjualan lisensi seperti yang telah dilakukan pada pembuatan smartpone barunya belakangan ini.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini