Share

Mantap! Chipset Kompetitor Qualcomm Ini Tambahkan Teknologi Dual VoLTE, Apa Keunggulannya?

Fellix Aditya, Jurnalis · Selasa 29 Agustus 2017 14:45 WIB
https: img.okezone.com content 2017 08 29 207 1765328 mantap-chipset-kompetitor-qualcomm-ini-tambahkan-teknologi-dual-volte-apa-keunggulannya-6KOcvGVwXf.png (Foto/Ilustrasi: MediaTek)

HSINCHU – Chipset untuk smartphone saat ini didominasi oleh produsen ternama, Qualcomm dengan Snapdragon. Beberapa produsen lainnya pun tidak ingin tertinggal dan salah satunya adalah MediaTek dengn seri Helio mereka.

Chipset terbaru dari MediaTek dilaporkan akan hadir dengan kemampuan dual VoLTE yang masih jarang ditemukan di chipset-chipset yang beredar saat ini.

Dikutip dari Phone Arena, Selasa (29/8/2017), MediaTek telah memperkenalkan seri terbaru dari Chipset mereka yakni Helio P23 dan P30 yang akan tersedia mulai kuartal empat 2017. Keduanya akan disertifikasi untuk penggunaan global, hanya saja untuk seri Helio P30 akan terbatas untuk kawasan China pada awal peluncurannya.

Kedua chipset ini akan memilik arsitektur prosesor Cortex-A53 octacore yang terbilang lawas bahkan untuk chipset kelas menengah. Meskipun kedua seri terbaru ini adalah iterasi dari CPU Helio P20 dan P25, upgrade terdiri dari fitur baru dan kemampuan block IP yang lebih baik daripada hanya tambahan sedikit kecepatan.

Di antara banyak perbaikan yang ditambahkan pada SoC (System on Chip) Helio baru ini, perlu disebutkan bahwa terdapat penambahan kemampuan pengkodean HEVC untuk P30, serta dukungan untuk kamera 16MP + 16MP (single 25MP), dengan P23 mempertahankan dukungan kamera 13MP + 13MP (single 24MP) yang sama dengan seri P25.

MediaTek juga menambahkan teknologi pencitraan Imagiq 2.0 pada kedua SoC baru ini. Teknologi baru ini sudah tersedia pada chipset kelas atas, Helio X30, bersamaan dengan fitur yang mendukung eksposur otomatis instan, teknologi reduksi kebisingan, serta electronis image stabilization (EIS).

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, kedua SoC baru ini membawa pembaruan penting lain yakni penambahan dukungan dual VoLTE yang berarti kedua sim di smartphone akan dapat terhubung melalui LTE dan menawarkan suara berkualitas tinggi. Selain itu, Helio P23 dan P30 ini akan dibuat dalam proses pembuatan 16nm TSMC yang berarti tidak ada perbaikan dengan SoC di seri sebelumnya. (flx)

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini