Waduh! Penjualan HTC di 'Kandang Sendiri' Kalah Telak, Apa Penyebabnya?

Moch Prima Fauzi, Jurnalis · Rabu 30 Agustus 2017 06:30 WIB
https: img.okezone.com content 2017 08 29 207 1765778 waduh-penjualan-htc-di-kandang-sendiri-kalah-telak-apa-penyebabnya-JIHtrSuedK.jpg (Foto: Technoworld)

JAKARTA - Meski memiliki peningkatan finansial berkat smartphone U11, HTC nyatanya masih belum bisa memperbaiki pangsa pasarnya, bahkan di Tanah Kelahirannya sendiri, Taiwan.

Berdasarkan laporan dari DigiTimes, HTC diklaim telah memiliki penurunan popularitas menjadi nomor 5 di Taiwan. Ia tak lagi menjadi vendor smartphone terpopuler di kampung halamannya sendiri.

Seperti dilaporlan laman Phone Arena, Rabu (30/8/2017), HTC dikalahkan oleh smartphone asal China, OPPO, yang juga dikenal sebagai induk perusahaan OnePlus. OPPO memuncaki daftar smartphone yang paling laris setelah merilis R11.

OPPO bahkan sanggup mengalahkan penjualan tuan rumah lainnya, Asus, yang berada di posisi ketiga. Hanya saja posisi Asus masih jauh lebih baik dari HTC.

DigiTimes menyebutkan, hasil yang kurang mengenakan bagi HTC itu diakibatkan pula oleh melambatnya penjualan smartphone U11. Pada Juli 2017, perusahaan memiliki penurunan untung sebesar 10%.

Meski demikian persoalan finansial sebenarnya tak hanya dialami HTC. Kompetitornya, Asus, juga memiliki masalah yang sama. Belakangan ini, Asus dilaporkan telah memiliki penurunan saham yang sempat memaksa perusahaan menunda smartphone Zenfone 4.

HTC sebelumnya dilaporkan sedang mempertimbangkan untuk menjual divisi Vive, yakni anak perusahaan yang membuat headset VR, maupun menjual perusahaan secara keseluruhan.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini