Sah! Dara Khosrowshahi Didapuk Jadi CEO Uber

Tachta Citra Elfira, Jurnalis · Rabu 30 Agustus 2017, 13:45 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 08 30 207 1766056 sah-dara-khosrowshahi-didapuk-jadi-ceo-uber-RkSpv1pmPs.jpg Foto : Getty Images

WASHINGTON – Setelah menjalani proses yang panjang, akhirnya Uber resmi meminang mantan CEO Expedia Dara Khosrowshahi sebagai CEO baru perusahaan tersebut. Kabar baik tersebut diumumkan pada Selasa malam waktu setempat dalam sebuah surat kepada karyawan Uber yang dikirim oleh direksi perusahaan.

Dalam sebuah wawancara dengan Bloomberg belum lama ini, Uber menyebut pencarian CEO baru ini merupakan pekerjaan ‘Kesempatan seumur hidup’.

Pencarian yang dimulai pada Juni setelah mantan CEO Travis Kalanick mengundurkan diri karena mendapat tekanan dari beberapa investor terbesar layanan ride-sharing tersebut.

‘Kematian’ karier Kalanick di Uber benar-benar disebabkan oleh serangkaian insiden yang sudah ada sejak awal 2017, meskipun Uber telah mengalami banyak titik terendah selama bertahun-tahun untuk membedakan harga tertinggi yang dibawa Kalanick ke perusahaan.

“Ini merupakan salah satu keputusan terberat dalam hidup saya. Saya memiliki hak istimewa untuk menjalankan Expedia selama 12 tahun lagi, dan kebanyakan dari Anda yang telah melakukan perjalanan ini dengan saya, tahu hal itu tidak mudah dilakukan,” tulis Khosrowshahi untuk staf Expedia.

“Saya harus memberitahu Anda bahwa saya takut. Aku sudah di sini di Expedia begitu lama, sehingga aku lupa seperti apa hidup di luar tempat ini,” tambah Khosrowshahi.

Setelah melalui proses yang panjang, Dewan Direksi Uber akhirnya memutuskan untuk memilih Khosrowshahi untuk menjadi CEO baru perusahaan tersebut. Namun, Khosrowshahi muncul sebagai kandidat ketiga di luar kepala GE Jeffrey Immelt dan CEO HPE Meg Whitman, bahkan nama Khosrowshahi tak pernah disebutkan namanya.

Pada Minggu lalu, Immelt men-tweet di akun Twitter-nya bahwa menarik diri keluar dari jalannya. Begitupun dengan Whitman yang menyebutkan bahwa CEO Uber tidak akan menjadi Mag Whitman.

Khosrowshahi melangkah sebagai CEO Uber saat berbagai pertempuran hukum sedang berlangsung. Tak hanya itu, kosongnya eksekutif dan budaya tempat kerja Uber yang kini terkenal dengan hiruk-pikuk menjadi perkerjaan berat bagi Khosrowshahi.

Sedangkan Travis Kalanick, saat ini ia masih memiliki tempat sebagai anggota dewan Uber dan tetap memilliki kekuatan suara. Tentunya, ia menyambut kedatangan Dara Khosrowshahi sebagai CEO baru yang menggantikannya. Demikian dinukil dari The Verge, Rabu (30/8/2017).

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini