Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Waduh! Salahi Hak Paten Bumblebee, Hasbro Gugat Warner Bros dan DC Comics

Lely Maulida, Jurnalis · Rabu 30 Agustus 2017 13:32 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 08 30 207 1766058 waduh-salahi-hak-paten-bumblebee-hasbro-gugat-warner-bros-dan-dc-comics-xTUeuNKzUg.jpg (Foto: Mattel)

JAKARTA – Dua waralaba superhero akan menjalani proses di pengadilan federal karena diduga tanpa hak memasarkan mainan "Bumblebee". Hasbro, pemilik merek Transformer, mengajukan tuntutan hukum pada Senin, 29 Agustus waktu setempat.

Hasbro menuduh Warner Bros dan DC Comics melakukan pelanggaran merek dagang miliknya. Tuntutan tersebut mengklaim bahwa "Bumblebee" DC – seorang gadis remaja dengan kemampuan untuk menghilang - dapat dengan mudah dibingungkan dengan Autobot "Bumblebee."

Hasbro telah banyak menggunakan karakter "Bumblebee", dan bersiap untuk membintangi spin-off Transformers pertama, yang dijadwalkan di bioskop pada Natal 2018.

Perusahaan kini tengah berupaya untuk memblokir penjualan mainan Bumblebee Mattel, yang merupakan bagian dari jajaran figur action DC Super Hero Girls. Hasbro juga merisaukan set Lego Bumblebee.

Bumblebee adalah salah satu pahlawan utama dari dunia Transformers. Hasbro mengatakan bahwa mereka mulai menjual mainan Bumblebee pada tahun 1983, dan telah menjual mainan-mainan blok bangunan dengan merek Bumblebee sejak 2011.

Dalam sebuah artikel online bahkan Hasbro menorehkan catatan Bumblebee masuk dalam daftar “25 Transformers Terbaik".

Sementara itu, DC Comics dan Warner Bros mengumumkan franchise DC Super Hero Girls pada bulan April 2015 sebagai kemitraan dengan Mattel. Serial TV-nya mulai ditayangkan pada bulan Oktober 2015.

Serial tersebut menampilkan versi superhero DC yang lebih tua, termasuk Batgirl dan Harley Quinn, saat mereka bersekolah di sekolah menengah atas. Karakter Bumblebee adalah penyihir canggih dengan kekuatan super dan kemampuan untuk menghilang.

Karakter Bumblebee asli pertama kali diperkenalkan dalam serial komik "Teen Titans" DC pada tahun 1977. Hasbro mengajukan merek dagang untuk nama "Bumblebee" pada tanggal 15 Juli 2015, dan merek dagang telah terdaftar pada 22 Desember 2015.

“Pihak tergugat dan atau lisensi yang mereka gunakan kemungkinan menyebabkan konsumen secara keliru mempercayai bahwa Accused Goods (barang tergugat) berasal dari atau terkait dengan Hasbro," bunyi dalam tuntutan Hasbro.

“Penggunaan merek oleh tergugat dan atau pemegang lisensi kemungkinan menimbulkan kebingungan, kesalahan dan atau penipuan di kalangan masyarakat mengenai sumber barang tergugat.”

Sayangnya, meski Hasbro telah mengajukan gugatan, pihak Warner Bros tak segera memberikan komentar. Demikian seperti dilansir Variety, Rabu (30/8/2017). (lnm).

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini