Satelit Telkom 1 'Pensiun Dini', Telkom Siapkan Satelit Baru Meluncur Agustus 2018

Moch Prima Fauzi, Jurnalis · Rabu 30 Agustus 2017 16:47 WIB
https: img.okezone.com content 2017 08 30 207 1766248 satelit-telkom-1-pensiun-dini-telkom-siapkan-satelit-baru-meluncur-agustus-2018-ANJpHz168S.jpg Ilustrasi (Foto: Reuters)

JAKARTA - Telkom sudah menyiapkan satelit pengganti Telkom 1 yang mengalami gangguan pada 25 Agustus 2017. Rencananya satelit baru Telkom akan mengorbit pada 2018.

Diungkap oleh Direktur Utama Telkom, Alex J. Sinaga, nantinya satelit pengganti Telkom 1 yang disebut sebagai Telkom 4 itu akan mengorbit pada Agustus 2018. Alex juga mengatakan bahwa nama satelit yang dimaksud akan memiliki nama berbeda, tak lagi menggunakan skema nama Telkom dan penomoran.

Kendati demikian untuk saat ini nama dari satelit tersebut masih belum ditentukan oleh Telkom. Perubahan nama dilakukan agar tak berkesan kaku dan beda dari nama-nama satelit sebelumnya.

"Rencananya akan diluncurkan dari Amerika pada Agustus 2018. Sehingga selama setahun slot (orbit Telkom 1) itu kosong. Terminologinya itu di-suspend," kata Alex dalam konferensi pers di gedung Kominfo, Rabu (30/8/2017).

Atas pergantian itu, Kominfo akan membantu Telkom untuk mengajukan surat administrasi ke International Telecommunication Union (ITU), yakni lembaga yang mengurus soal slot orbit satelit di bawah naungan PBB.

Surat yang dikirim Kominfo ke ITU akan berkaitan dengan pemberitahuan kekosongan slot orbit yang ditinggalkan oleh Telkom 1 serta mengenai peluncuran satelit pengganti, Telkom 4.

Jika Telkom 4 sukses diluncurkan pada 2018 mendatang, Telkom akan kembali melakukan pemindahan layanan dan repointing ground segmen ke Telkom 4 dari satelit pembantu yang saat ini digunakan pasca-kerusakan satelit Telkom 1.

Saat ini pemindahan layanan dan repointing ground segmen dari Telkom 1 dilakukan pada dua satet Telkom lainnya yakni Telkom 2 dan Telkom 3S serta dua satelit Asing yakni Apstar dan ChinaSat.

"Kalau Telkom 4 sudah meluncur, ketergantungan satelit Asing akan menurun. Maka bisa jadi kita alihkan lagi ke Telkom 4. Kalau masih ada slot lagi, Telkom masih berniat untuk meluncurkan satelit lagi," kata Alex.

Sayangnya Telkom enggan menyebutkan jumlah investasi yang dihabiskan untuk meluncurkan satelit baru tersebut. Selain itu, pihak perusahaan juga belum bisa mengungkap penyebab kerusakan yang terjadi pada Telkom 1.

Sejatinya satelit Telkom 1 memiliki masa pakai selama 15 tahun, satelit tersebut diluncurkan pada 13 Agustus 1999. Lockheed Martin, selaku perusahaan pembuat, memperkirakan masa pakai akan berakhir pada 2019. Sayangnya, sebelum masa itu habis, Telkom 1 harus sudah pensiun dini karena tak bisa lagi beroperasi secara normal.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini