Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

2020, NASA Akan Membawa Batu dari Mars ke Bumi, Benarkah?

Afriani Susanti , Jurnalis · Rabu 30 Agustus 2017 16:03 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 08 30 56 1766094 2020-nasa-akan-membawa-batu-dari-mars-ke-bumi-benarkah-4lI0SyUO9L.jpg Foto: Dok. Popular Mechanism

AMERIKA SERIKAT – Planet Mars kini menjadi salah satu planet yang banyak diincar oleh ilmuan dunia. Pasalnya, mereka ingin mencari tahu apakah di masa depan Planet yang dijuluki sebagai Planet Merah tersebut bisa ditinggali oleh umat manusia di masa depan. Karena itulah, banyak eksperimen yang mulai dilakukan untuk mencari teka-teki tersebut.

Baca juga: Mars Akan Memiliki Cincin di Masa Depan, Benarkah?

Bahkan badan luar angkasa Amerika Serikat atau National Aeronautics and Space Administration (NASA) sendiri berencana untuk membawa batuan yang berasal dari Mars ke Bumi. Seperti dinukil dari laman Popular Mechanics, NASA sedang belajar untuk membawa bagaimana batuan Martian dari Mars untuk dibawa ke Bumi. Rencana tersebut setidaknya akan bisa direalisasikan pada 2020 mendatang.

Pada tahun 2020, akan menjadi langkah pertama yang belum pernah dilakukan sebelumnya, terutama dalam melakukan eksplorasi ke Mars. NASA akan membawa sesuatu dari Planet Mars untuk dibawa ke Bumi.

 

Baca juga: NASA Menguji Teknologi untuk Koloni Manusia di Mars

NASA juga mengatakan Rover Mars atau sebuah robot yang sudah menetap di Mars tersebut untuk memperkenalkan berbagai bor yang digunakan dalam mengumpulkan sejumlah sampel dari batuan dan tanah yang ada di permukaan Mars.

Pada misi di masa depan bisa jadi hal tersebut berpotensi untuk dibawa ke Bumi. Hal ini tentu sangat membantu para peneliti untuk mempelajari mengenai sejumlah sampel di laboratorium degan berbagai peralatan yang tersedia di ruangan spesial dan akan menjadi langkah besar dalam penjelajahan ke Mars nanti.

Thomas Zurbuchen dari NASA Associate Administrator for Science mengatakan, studi tersebut kemungkinan untuk eksplorasi dalam misi pedakian Mars, dimana nantinya bisa benar-benar lepas landas ke Mars.

Baca juga: Asyik! Ilmuwan Temukan Fakta Mars yang Mendukung Kehidupan Manusia

“Ini akan terus berjalan lurus dengan apa yang saya pertimbagkan mengenai isu Jugular, dimana nantinya bagaimana bisa mendarat dan pergi dari planet tersebut,” ucapnya.

Salah satu rencana yang memiliki potensial untuk menjalankan misi Mars di 2026 adalah dengan mengumpulkan sejumlah sampel yang dilakukan oleh Rover dan Rocket. Semua operasi tersebut nantinya akan mirip seperti perampokan antarplanet, menjadi lebih cepat. (afr)

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini