Share

Saingi Google, Apple Siapkan ARKit dan Versi Baru iOS 11

Riani Angel Agustine, Jurnalis · Kamis 31 Agustus 2017 05:31 WIB
https: img.okezone.com content 2017 08 31 207 1766528 saingi-google-apple-siapkan-arkit-dan-versi-baru-ios-11-PGKXATjCKj.jpg (Foto: Dailymail)

MENLO PARK - Apple akan memperkenalkan AR (Augmented Reality) pada September mendatang bersamaan dengan peluncuran iOS 11. Augmented Reality memungkinkan pengguna untuk melihat hal virtual melalui perangkat pintar dan membuat mereka seolah-olah ada di dunia nyata.

Sistem yang dikembangkan Apple, yang dikenal sebagai ARKit memungkinkan pengembangan penempatan barang atau permainan virtual di manapun. Teknologi ini juga dimiliki oleh Google yang baru-baru ini mengumumkan kemunculan ARCore.

Dilansir dari Dailymail.co.uk, Rabu (30/8/2017), dengan dirilisnya iOS 11, akan membawa AR ke 300 juta perangkat Apple yang ada di tangan pengguna. Perusahaan konsultan teknologi Digi-Capital percaya bahwa Apple akan masuk ke AR dan akan membuat perubahan.

Meski teknologi tersebut tergolong baru, aplikasi pertama yang menggunakan sistem tersebut telah dipamerkan. Aplikasi tersebut dikembangkan oleh nama besar seperti IKEA dan AMC, dan berikut beberapa aplikasi yang telah mengaplikasikan AR.

IKEA PLACE

Aplikasi AR pertama IKEA ini memungkinkan Anda memasukkan barang apapun, seperti sofa, lemari, meja kerja, dan karpet ke rumah Anda sebagai contoh. "Aplikasi ini memungkinkan Anda membuat produk rumah' yang 'benar-benar 3-D dan benar ke skala sehingga Anda dapat memastikannya hanya ukuran, desain dan fungsionalitas yang tepat untuk kamar Anda," ungkap perwakilan dari IKEA.

Di dalam aplikasi tersebut juga Anda dapat meletakkan beberapa barang secara bersamaan, seperti kursi dan meja untuk memudahkan pembeli membayangkan barang yang sesuai dengan kondisi rumahnya. "Semuanya akan berubah dengan menggunakan ARKit, dan ini mungkin tempat masa depan Anda belanja," ungkap Michael Valdsgaard, Leader Digital Transformation di IKEA.

The Walking Dead: Our World

Berdasarkan versi acara AMC TV dari franchise zombie yang populer, game ini membiarkan pemain melawan zombie. Dengan pengaplikasian AR, pemain dapat melawan zombie di dunia nyata di manapun mereka berada.

Pemain juga bisa mendapatkan senjata, pedang, dan granat, di antara senjata lainnya, dengan menggunakan smartphone mereka untuk menemukannya di dunia nyata. Kemudian menggunakan senjata tersebut melawan mayat hidup digital. Anda juga akan mendapatkan bantuan dari versi virtual dari banyak karakter seperti pada versi komputer.

The Very Hungry Caterpillar

Karakter yang diciptakan Eric Carlie sangat populer dan dicintai oleh jutaan anak-anak di seluruh dunia selama lebih dari 45 tahun, dan sekarang ia akan hadir dalam bentuk AR. "Kami memutuskan untuk membenamkan anak di dunia interaktif, menciptakan hewan peliharaan Caterpillar virtual digital yang dapat dipelihara anak," ungkap Barry O'Neull, CEO Touch Press.

Dengan menggunakan ARKit, anak-anak bisa memiliki peliharaan lucu Caterpillar di rumah secara digital dan dapat memberinya makan pada tumbuhan serta berbagai macam buah untuk membuatnya tumbuh menjadi kupu-kupu yang cantik. Tim pengembang mengharapkan perkembangan teknologi tidak mengurangi minat baca anak-anak, sehingga mereka membuat setiap permukaan menjadi buku yang bisa menceritakan kehidupan caterpillar lewat perangkat pintar dengan sistem AR.

Arise

Dalam game Arise, pemain harus menyesuaikan jarak pandang mereka dengan berjalan-jalan sambil memiringkan iPhone atau iPad untuk melihat teka-teki dan membantu pahlawan mencapai puncak di sebuah pulau. Climax Studio selaku pengembang game Arise sedang menahan keseruan permainan sampai Apple meresmikan pembaruan lunak dan AR untuk menciptakan keseruan ke level yang lebih tinggi.

"Pada hari peluncuran, ketika mereka merilis iOS 11, ratusan juta orang akan dapat mencoba aplikasi ini. Itu lebih dari sekedar konsol atau toko. Itu sangat menarik," ungkap Simon, Gerdner, CEO Climax Studio.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini