Giliran Apple Tergoda Beli Bisnis Chipset Toshiba, Berapa Tawarannya?

Moch Prima Fauzi, Jurnalis · Jum'at 01 September 2017 09:00 WIB
https: img.okezone.com content 2017 08 31 207 1767312 giliran-apple-tergoda-beli-bisnis-chipset-toshiba-berapa-tawarannya-WzPMSCegN4.jpg (Foto: Reuters)

JAKARTA - Penjualan unit bisnis chipset Toshiba masih belum menemukan titik terang hingga kini. Bahkan kabar baru-baru ini menyebutkan bahwa perusahaan raksasa teknologi, Apple, menaruh minat untuk membelinya.

Sekira dua pekan lalu, Apple dan Foxconn dilaporkan melakukan kerja sama untuk membeli bisnis Toshiba. Sedangkan saat ini Apple dikabarkan merapat ke kubu Bain Capital - konsorsium yang juga berminat mencaplok bisnis Toshiba.

Sebagaimana dilaporkan Reuters, Jumat (1/9/2017), Apple akan bergabung dengan konsorsium yang dipimpin Bain Capital guna menawarkan pembelian sebesar 2 triliun yen (USD18,2 miliar). Dalam penawaran itu Bain Capital dan SK Hyinx akan bertanggung jawab atas dana sebesar 1,1 triliun yen.

Baca juga: Bisnis Chipset Toshiba Akhirnya Dilepas USD18 Miliar

Apple kabarnya akan memberikan sokongan dana sebesar 400 miliar yen dan bank-bank di Jepang akan mendukung dana 600 miliar yen. Dalam penawaran itu, konsorsium Bain Capital juga meminta Toshiba untuk menjadi bagian dari kesepakatan dengan menginvestasikan 200 miliar yen.

Jika konsorsium Bain Capital memenangkan persaingan dengan Foxconn, maka Apple bakal terbantu dalam hal pasokan chispet. Sebagaimana diketahui Apple sendiri masih mengandalkan bantuan Samsung untuk mengamankan pasokan chipset untuk produk seperti iPad, iPhone, dan MacBook.

Sebelumnya Toshiba memang telah berminat pada penawaran yang diberikan konsorsium Bain Capital. Hanya saja, investor Toshiba saat itu masih belum menyetujuinya karena harus menyelesaikan permasalahan dengan Western Digital.

Pasalnya, divisi chipset yang dimiliki oleh Toshiba saat ini diketahui sebagai bisnis urunan bersama pembuat chipset Western Digital. Atas penjualan aset itu, kabarnya Western Digital telah mengajukan tuntutan kepada Toshiba. Sayangnya, baik Toshiba, Bain Capital, maupun Western Digital menolak mengomentari kabar tersebut.

Baca juga: Saling Sikut! Western Digital dan Toshiba Rebutan Jual Bisnis Chipset untuk Tutup Kerugian Perusahaan

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini