Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bapak Android Kembali Minta Maaf, Ada Apa?

Moch Prima Fauzi, Jurnalis · Jum'at 01 September 2017 15:00 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 09 01 207 1767603 bapak-android-kembali-minta-maaf-ada-apa-DVH83LCQfN.jpg (Foto: Phone Arena)

JAKARTA - Bapak Android, Andy Rubin, kembali menghadapi masalah yang berkaitan dengan smartphone buatannya. Kali ini masalah yang dihadapinya ialah soal kebocoran data pribadi dari pelanggan Essential Phone.

Masalah itu terjadi saat proses administrasi pengiriman smartphone Essential yang akan didistribusikan kepada konsumen. Saat petugas layanan konsumen meminta data pribadi konsumennya tak sengaja ia membalas email ke semua pelanggan.

Seperti diwartakan laman Phone Arena, Jumat (1/9/2017), petugas layanan konsumen itu ternyata salah melakukan konfigurasi email sehingga malah membalas email ke semua konsumen pembeli smartphone Essential.

Atas kejadian itu, Andy Rubin menceritakan masalah yang terjadi dan meminta maaf kepada konsumennya atas kesalahan yang dilakukan petugasnya.

"Sebagai pendiri dan CEO Essential, saya secara pribadi bertanggung jawab atas kesalahan ini dan akan berusaha semaksimal mungkin untuk tidak mengulanginya," demikian salah satu kutipan dari rilis Essential.

Atas insiden itu, sebanyak 70 orang konsumen menjadi korbannya. Data pribadi berupa alamat email, rumah, dan data diri lainnya tersebar ke konsumen lainnya. Andy Rubin kemudian menawarkan solusinya.

Essential mengumumkan bahwa mereka telah menawarkan layanan perlindungan pencurian identitas selama satu tahun bernama LifeLock. Meski demikian, data pribadi yang telah terlanjur tersebar itu tak bisa dihapus.

Sebelumnya, Andy Rubin juga meminta maaf kepada konsumen Essential Phone karena gawai yang mereka nantikan tak kunjung dipasarkan oleh Essential.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini