Share

Hebat! Astronot Perempuan Kembali ke Bumi dengan Pecahkan Rekor Terlama di Ruang Angkasa

Moch Prima Fauzi, Jurnalis · Minggu 03 September 2017 14:34 WIB
https: img.okezone.com content 2017 09 03 56 1768402 hebat-astronot-perempuan-kembali-ke-bumi-dengan-pecahkan-rekor-terlama-di-ruang-angkasa-A2lsVjdQHb.jpg (Foto: Associated Press)

JAKARTA - Astronot NASA, Peggy Whitson, dan dua kru dari kapsul Soyuz, telah tiba di Bumi pada 2 September 2017 waktu Kazakhstan. Ketiganya mendarat menggunakan payung udara pada Sabtu, pukul 9.21 pm waktu setempat.

Whitson berhasil memecahkan rekor sebagai astronot perempuan terlama yang berhasil mengapung di ruang angkasa. Sebagaimana dikutip dari CBC, Minggu (3/9/2017) ia memilih untuk memperpanjang masa tugasnya lebih dari sembilan bulan di Stasiun Ruang Angkasa Internasional.

Pada April lalu, Whitson mencatatkan rekor penugasan di ruang angkasa selama 534 hari. Ia hanya kalah dari tujuh astronot pria asal Rusia, termasuk Gennady Padalka, yang memecahkan rekor mengapung di ruang angkasa selama 878 hari.

"Saya merasa baik sekali. Saya menyukai bekerja di atas sana. Itu merupakan salah satu pekerjaan yang paling memuaskan yang pernah saya miliki," kata Peggy Whiston dalam sesi wawancara.

Selama misi di Stasiun Ruang Angkasa Internasional, Whitson melakukan banyak percobaan termasuk mempelajari jaringan kanker paru-paru dan sel-sel tulang. Dia juga menyelesaikan misi perjalanan di ruang angkasa yang paling banyak dilakukan oleh seorang astronot wanita.

Whitson kembali ke Bumi bersama Jack Fischer, dan juga bersama astronot dari National Aeronautics and Space Administration dan kosmonot Rusia Fyodor Yurchikhin.

Whitson mengatakan bahwa ia terinspirasi oleh program Apollo AS yang mendaratkan orang di bulan. Namun pada saat ada wanita pertama menjadi astronot, dia baru merasa tertarik untuk bergabung dengan NASA.

Ia menjadi astronot pada tahun 1996. Whitson merupakan wanita pertama yang memimpin stasiun ruang angkasa dan juga wanita pertama dan pilot non-pilot pertama yang bertugas sebagai kepala Korps Astronot NASA.

"Saya sedang mengupayakan memberi beberapa nasihat dan bimbingan yang saya dapatkan dalam perjalanan saya, dengan harapan suatu hari nanti orang-orang muda akan melakukan hal yang sama dan melihat kembali kehidupan di mana mereka memiliki kesempatan dan memecahkan rekor mereka sendiri," tutup Whitson.​

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini