Share

3 Mumi Ini Ditemukan dalam Kondisi Mengerikan, Apa Saja?

Dini Listiyani, Jurnalis · Senin 04 September 2017 10:20 WIB
https: img.okezone.com content 2017 09 04 56 1768736 3-mumi-ini-ditemukan-dalam-kondisi-mengerikan-apa-saja-ubTunIaPZH.jpg (Foto: Ancient Origins)

JAKARTA - Mumi bisa membantu manusia modern untuk memahami sejarah kehidupan masa lalu mengingat jasad yang dijadikan mumi tak akan cepat membusuk.

Meski begitu, beberapa mumi ditemukan dalam keadaan aneh. Apa saja mumi tersebut? Berikut ini Okezone rangkum dari Listverse, Senin (4/9/2017).

(Foto via  Ancient Origins)

Mumi Berteriak

Pada 1881, arkeolog menemukan mumi misterius di sebuah gua makam di Kairo. Ketika mayat itu dibungkus pada 1886, para peneliti menemukan wajah pria itu membeku dalam jeritannya. Tanpa tanda pengenal pada sarkofagusnya, mumi itu awalnya diberi label “Unknown Man E” sebelum diberi nama “the screaming mummy".

Beberapa pihak percaya bahwa mumi berteriak itu merupakan seorang pejabat yang bertugas di kekaisaran Mesir yang jauh dan dibalsem oleh para novis. Ini mungkin menjelaskan adanya kapur sirih, kambing, dan kulit domba yang menutupi badan. Menurut tradisi Mesir, kambing dan domba merupakan binatang kotor dan kehadiran mereka di dalam kuburan membuat mumi tak mampu mencapai alam baka.

Sementara itu, yang lainnya mengatakan bahwa ia merupakan seorang pangeran asing atau mahkota yang dipermalukan bahkan mungkin Pangeran Pentewere, yang dituduh merencanakan untuk membunuh ayahnya, Ramses III.

(Foto: Alejandro Castro/CC BY-NC-SA 2.0)

Mumi Guanajuato

Guanajuato, Meksiko memberlakukan pajak kuburan yang ketat antara 1865-1958. Jika kerabat gagal membayar, orang yang mereka cintai akan diusir. Karena kondisi setempat, mayat yang digali telah dimumikan secara alami. Jenazah ini ditempatkan di sebuah osuarium.

Tempat itu dengan cepat menjadi penuh dengan mumi dan mengubah namanya menjadi museum pada 1894. Koleksinya berisi banyak spesimen mengerikan, termasuk mumi hamil dan mumi terkecil di dunia. Ignacia Aguilar mungkin yang paling menarik dari mumi Guanajuato. Di tengah wabah kolera, sebuah kondisi jantung yang tak mengancam menyebabkan ia dinyakan meninggal dengan tak tepat.

Keluarganya dengan cepat menguburnya hidup. Bertahun-tahun kemudian, saat mayat itu digali, mereka menemukan wajahnya di peti mati berlumuran goresan, dengan mulut penuh dengan darah karena menggerogoti lengannya. Jenazahnya, lengkap dengan mulut yang membeku dalam jeritan masih dipajang di museum.

(Foto via  Ancient Origins)

Lemon Grove Mummies

Pada 1980, seorang ibu rumah tangga menemukan sisa mumi seorang gadis dan bayi ketika membersihkan garasi di Lemon Grove, California. Perempuan itu segera memberitahu pihak berwenang. Pada awalnya dilakukan penyelidikan pembunuhan, namun polisi segera menemukan bahwa perempuan dan bayi itu meninggal berabad-abad yang lalu.

Rumah itu sebelumnya dihuni oleh dua remaja, yang terobsesi dengan mumi. Mereka mengetahui bahwa suku di Northern Mexico sering meninggalkan mayat mereka di gua-gua, di mana udara sejuk dan kering secara alami akan menggerogoti mayat-mayat itu.

Para remaja menghabiskan satu bulan di Californua untuk menjelajahi gua. Mereka menemukan dua mumi itu namun tak bisa mengungkapkannya kepada para arkeolog tanpa mengaku melakukan kejahatan. Mereka memutuskan untuk menyelundupkan mumi ke California.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini