Apple Music Festival Tak Bakal Digelar Kembali, Ada Apa?

Lely Maulida, Jurnalis · Selasa 05 September 2017 16:01 WIB
https: img.okezone.com content 2017 09 05 207 1769739 apple-music-festival-tak-bakal-digelar-kembali-ada-apa-UkpfNIxFwp.jpg (Foto: Festival Sherpa)

CUPERTINO – Apple memang mendominasi industri headphone nirkabel. Namun rupanya raksasa teknologi ini belum menemukan tingkat keberhasilan yang sama di industri musik live.

Menurut laporan terbaru dari Music Business Worldwide, Apple tak akan lagi menyelenggarakan Apple Music Festival. Padahal acara tersebut telah menjadi ajang tahunan bagi perusahaan yang kini dipimpin oleh Tim Cook itu.

Serial konser yang dimulai pada 2007 sebagai iTunes Festival, biasanya digelar di The Roundhouse di distrik London, Camden Town. Serial konser itu juga biasanya berlangsung sepanjang bulan meski ada beberapa peristiwa yang berlangsung dengan jeda hari yang tak lama.

Seniman yang pernah tampil dalam ajang Apple ini termasuk Adele, Amy Winehouse, Ed Sheeran, Katy Perry, Paul McCartney, Coldplay, Lady Gaga dan Arctic Monkeys.

Meski dikabarkan tak lagi menggelar musik live, laporan mencatat bahwa pembatalan serial konser itu tidak selalu mengindikasikan bahwa Apple menjauh dari acara live.

Perusahaan baru-baru ini bermitra dengan Haim dan Skepta untuk konser di London dan Arcade Fire di Brooklyn. Apple juga memiliki kontribusi besar di SXSW di Texas awal tahun ini dan mensponsori tur musim panas Drake tahun lalu.

Laporan berspekulasi bahwa langkah Apple dapat mengindikasikan keinginan perusahaan untuk fokus pada satu acara yang berlangsung satu kali, bukan lagi dalam bentuk serial, serta berupaya untuk membuat konten original.

Apple telah mengonfirmasi kepada MBW bahwa mereka tidak akan lagi menjadi tuan rumah Apple Music Festival di London. Acara ini sendiri secara resmi telah menjadi Apple Music Festival sejak 2015, sebagai bagian dari rebranding dari nama aslinya - iTunes Festival.

Awalnya, festival musik tahunan tersebut menampilkan beragam artis penyanyi terkenal setiap malam selama satu bulan. Namun sejak diubah namanya, festival digelar hanya selama 10 hari.

Keputusan ini turut menandai berakhirnya ajang tahunan Apple tersebut. 2016 menjadi tahun terakhir Apple menggelar acara itu dan menandai satu dekade kehadiran Apple Music Festival. Demikian seperti dilansir TechSpot, Selasa (5/9/2017). (lnm).

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini