71% Site Telah Pulih, Menkominfo: Jangan Berspekulasi Mengenai Satelit Telkom 1

Afriani Susanti , Jurnalis · Selasa 05 September 2017 16:44 WIB
https: img.okezone.com content 2017 09 05 207 1769784 71-site-telah-pulih-menkominfo-jangan-berspekulasi-mengenai-satelit-telkom-1-2TwKbFtowh.jpg Menkominfo Rudiantara (Foto: Kominfo)

JAKARTA - Gangguan yang terjadi pada Satelit Telkom 1 beberapa waktu lalu telah menyebabkan sejumlah gangguan terhadap 15 ribu site. Namun gangguan tersebut secara perlahan terus dilakukan perbaikan.

Terhitung pada Selasa (5/9/2017) dari 15 ribu site yang terganggu, Telkom telah melakukan memulihkan kembali sebanyak 10.654 site. Artinya 71 persen site yang beberapa waktu lalu mengalami masalah telah pulih kembali.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara bahkan melakukan monitoring secara langsung bersama Direktur Utama (Dirut) Telkom, Alex Sinaga di Crisis Center Service Recovery Satelit Telkom 1, Graha Merah Putih.

Di kesempatan tersebut, Direktur Utama Telkom, Alex Sinaga mengatakan pihaknya terus melakukan penelusuran terhadap 'rusaknya' Satelit Telkom 1 tersebut.

"Penyebabnya sendiri masih didalami oleh para ahli," jelasnya di Graha Merah Putih, Jakarta, Selasa (5/9/2017).

Alex juga mengatakan bahwa untuk kerugian yang dialami akibat 'rusaknya' Satelit Telkom 1 ini belum diketahui. "Kerugiannya sendiri masih kami hitung," ujarnya.

Alex juga mengatakan bahwa "kerusakan' tersebut bukan disebabkan oleh anomali. "Ini bukan karena Satelit Telkom 1 anomali," ucapnya.

Sementara itu, Menkominfo Rudiantara ingin agar masyarakat jangan berspekulasi sendiri tentang yang terjadi pada Satelit Telkom 1. Karena sampai saat ini pun, penyebab dari 'kerusakan' tersebut masih terus diselidiki.

"Jangan berspekulasi mengenai Satelit Telkom 1. Tunggu laporan yang resmi, kami juga meminta hal ini bisa dilakukan secara transparan," tambahnya.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini