Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tonjolkan Kamera untuk Vlog, Ini Komparasi Galaxy J7 Pro vs Oppo F3 Plus

Lely Maulida, Jurnalis · Selasa 05 September 2017 18:37 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 09 05 92 1769811 tonjolkan-kamera-untuk-vlog-ini-komparasi-galaxy-j7-pro-vs-oppo-f3-plus-tv3UosgOZa.jpeg (Foto: Lely Maulida/Okezone)

JAKARTA - Fitur kamera tak luput dari perhatian para vendor smartphone untuk melengkapi jajaran ponselnya. Aktivitas selfie yang kini marak digandrungi pengguna turut menginspirasi vendor smartphone untuk menyematkan kamera selfie nan apik.

Meski kepopuleran selfie tak mereda, di sisi lain aktivitas video juga banyak diminati oleh pengguna smartphone, khususnya generasi milenial. Tak ayal, beberapa vendor turut mengusung kamera yang mendukung kualitas video bloging (vlog) untuk mencoba peruntungan.

Seperti yang belum lama ini dirilis Samsung melalui seri J besutannya, yakni J7 Pro. Smartphone tersebut mengedepankan fitur kamera yang mampu mendukung pengguna untuk membuat vlog.

Redaksi Okezone berkesempatan untuk menjajal smartphone asal Korea Selatan tersebut. Berikut ulasan selengkapnya.

Desain

Dari sisi desain, Samsung J7 Pro hadir dengan balutan aluminium dan desain unibodi. Bahan ini membuat smartphone tersebut tak begitu licin saat digenggam.

Seperti kebanyakan smartphone yang beredar saat ini, Galaxy J7 Pro menyajikan bentang layar Full HD Super Amoled seluas 5,5 inci. Tak hanya itu, smartphone kelas menengah ini juga dibekali bezel tipis, membuatnya tampil elegan.

Bagian sudut J7 Pro didesain melengkung khas smartphone Samsung. Begitu pula dengan penempatan beberapa tombol pengoperasian fitur ponsel yang tetap bertahan seperti pada smartphone Samsung lainnya. 

Tombol kunci perangkat di sisi kiri ponsel dan tombol volume di sisi kanan ponsel. Sementara itu, slot SIM card berada di bagian atas ponsel yang hanya mendukung kartu jenis nano.

Lain halnya dengan beberapa smartphone termasuk Samsung, Galaxy J7 Pro menyediakan slot memori eksternal tersendiri di sisi kiri ponsel. Fitur ini tentunya akan membantu pangguna yang membutuhkan memori lega untuk datanya yang banyak.

Sementara itu, bagian bawah ponsel tersemat port USB tipe B untuk pengisian ulang dan transfer data, serta port headset standar dengan jack 3,5mm. Di bagian depan ponsel terdapat tombol home fisik, tombol back serta recent apps. 

Di bagian belakang ponsel sendiri terpasang lensa kamera dengan resolusi 13 MP f/1.7. Resolusi yang sama juga disematkan Samsung untuk kamera depan Galaxy J7 Pro, namun dengan bukaan f/1.9. Keduanya dilengkapi dengan lampu flash untuk membantu pengguna menjepret dan merekam gambar dalam keadaan minim cahaya, sesuai dengan fitur unggulan yang memang diusung perusahaan dalam ponsel ini.

Fitur

Galaxy J7 Pro mengusung fitur unggulan kamera sebagai pendukung vlog. Tak ayal, kamera depannya dilengkapi dengan lensa beresolusi 13 MP f/1.9, yang juga mendukung video full HD. Fitur lainnya yang melengkapi kamera depan yaitu LED flash yang akan membantu pengguna melakukan vlog dengan cahaya minim. Sayangnya, saat tim Okezone menjajal fitur tersebut, LED flash tak dapat hidup bersamaan dengan saat mengaktifkan kamera untuk vlog.

Tak hanya untuk vlog, kamera depan Samsung J7 Pro tentunya juga mendukung aktivitas selfie. Dengan resolusi kamera yang cukup di kelasnya, kamera ini mampu menghasilkan gambar yang cukup baik meski ketajamannya terbilang kurang.


Anda juga bisa mendapatkan gambar yang terang untuk jepretan dengan pencahayaan yang minim. Bagi Anda yang menyukai fitur tambahan untuk selfie, Samsung juga menyematkan fitur 'selfie' untuk membuat gambar terlihat semakin menarik.

Sementara itu, kamera belakang Samsung J7 Pro memiliki resolusi yang sama dengan kamera depannya, yakni 13MP. Bedanya, kamera utama ini disertai bukaan f/1,7.

Berdasarkan hasil pengujian Okezone, kamera ini mampu menjepret gambar dengan penentuan fokus yang cukup cepat meski ketajaman gambarnya terhitung kurang. Tak perlu khawatir dengan pencahayaan yang minim, pasalnya kamera Samsung J7 Pro tetap bisa beraksi meskipun bergantung pada seberapa rendah cahaya yang didapat objek.

(indoor)

(outdoor)

Untuk video, kamera belakang Samsung J7 Pro juga mampu merekam gambar dengan kualitas yang baik. Berdasarkan pengujian Okezone, video yang direkam dengan kamera J7 Pro menampilkan warna yang terlihat dengan baik. Hasil rekaman juga menunjukkan gambar yang stabil, tak begitu terganggu dengan guncangan. Namun sayangnya, dalam mode auto lensa kamera J7 Pro tak begitu mampu menstabilkan HDR atau pemerataan cahaya.

Benchmark

Untuk menilai performa dan kemampuan ponsel secara keseluruhan, tim Okezone menggunakan dua aplikasi benchmark yaitu Geekbench 4 dan AnTuTu Benchmark yang diunduh dari Google Play Store. 

Setelah melakukan proses dalam aplikasi AnTuTu Benchmark, Samsung J7 Pro mendapatkan skor 47.862. Skor tersebut didapatkan dari masing-masing pengujian 3D (6808), UX (17581), CPU (17062), dan RAM (6411).

Sementara skor hasil pengujian aplikasi Geekbench 4, J7 Pro meraih nilai 730 untuk single core, dan 3734 untuk multi core.

Kesan Penggunaan

Galaxy J7 Pro disokong dengan prosesor Exynos Octa 7870 1,9 GHz dan RAM 3 GB. Selama penggunaan, smartphone ini terbilang baik untuk penggunaan sehari-hari.

Tim Okezone juga sempat menggunakannya untuk bermain game yang terbilang berat yakni ‘Need for Speed’. Mulanya, game berjalan lancar, namun setelah game berlangsung selama 30-40 menit, Galaxy J7 Pro sempat mengalami lag beberapa kali.

Untuk penggunaan sehari-hari, smartphone ini cukup dapat diandalkan dengan daya baterai 3.600 mAh. Namun, karena daya baterainya yang cukup besar itu, proses pengisian ulang menjadi cukup lama yakni sekira 2,5 jam. Terlebih Galaxy J7 Pro tak didukung dengan fitur fast charging.

Sementara itu, sokongan Android Nougat 7.1 membuat tampilan J7 Pro lain dari smartphone sebelumnya. Biasanya, Samsung menyematkan ikon daftar menu di bagian pojok kanan bawah layar. Namun berkat dukungan Android baru, deretan menu bisa tampil hanya dengan melakukan swipe atau menggeser layar ke bagian atas.

Di sisi lain, dukungan always on membuat pengguna lebih mudah untuk melihat update notifikasi ponsel, meski tak menghidupkannya.

Komparasi

Dari fitur kamera yang menjadi unggulannya, Galaxy J7 Pro layak disandingkan dengan Oppo F3 Plus yang juga mengedepankan fitur kamera untuk selfie. Oppo sendiri membenamkan kamera ganda untuk kamera depan dengan resolusi 16 megapiksel dan 8 megapiksel.

Resolusi yang sama juga tersemat untuk kamera belakang F3 Plus, yakni 16 megapiksel dengan bukaan f/1.7. Fitur lainnya yakni sokongan prosesor buatan Qualcomm, Snapdragon 653 bertenaga octa-core 1,5 GHz dan kartu grafis Adreno 510. Performanya juga didukung oleh kapasitas RAM yang terbilang lega, yakni 4 GB. (lnm).

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini