nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Duh! Kalah Saing dari Facebook Cs, Pengguna Aktif BBM Makin Menyusut

Lely Maulida, Jurnalis · Rabu 06 September 2017 13:43 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 09 06 207 1770375 duh-kalah-saing-dari-facebook-cs-pengguna-aktif-bbm-makin-menyusut-dVSnzydnY4.jpg (Foto: (PC World)

JAKARTA – Media sosial menjadi sarana berbagi bahkan ajang curhat oleh banyak orang. Tak ayal berbagai perusahaan mencoba peruntungan menghadirkan layanan serupa untuk menarik minat pengguna.

Instagram yang menyajikan konten foto meski terbilang baru, mampu menyedot perhatian pengguna media sosial. Meski begitu, jejaring sosial milik Mark Zuckerberg masih merajai deretan media sosial yang digunakan pengguna aktif secara global.

Data yang dirilis We Are Social per Agustus 2017 menunjukkan jumlah pengguna aktif bulanan Facebook mencapai lebih dari dua miliar, atau tepatnya 2,046 miliar pengguna. Jumlah ini menempatkan Facebook dijajaran puncak di antara media sosial lain seperti Twitter dan Snapchat.

Platform lainnya yang juga mencatat pertumbuhan cukup baik dalam beberapa bulan terakhir yakni YouTube. Per Agustus ini, platform berbagi video itu berada di posisi kedua setelah Facebook, dengan pengguna aktif sejumlah 1,5 miliar.

Platform yang kini menjadi unit milik Facebook turut unggul dalam jajaran media sosial dengan pengguna aktif terbanyak. Posisi ketiga ditempati oleh WhatsApp dengan jumlah pengguna aktif mencapai 1,2 miliar.

Jumlah yang sama dengan WhatsApp juga diperoleh Messenger yang turut menempatkan aplikasi tersebut ke posisi keempat.

Tak lagi diisi oleh platform asal California. Posisi kelima ditempati oleh WeChat - aplikasi pesan instan asal China yang tercatat memiliki pengguna aktif sejumlah 938 juta.

Media sosial lokal lainnya asal Jepang yakni Line juga turut mencatat pertumbuhan di negara asalnya, yang mencapai 70 juta pengguna aktif bulanan. Sementara itu Kakao Talk membukukan pengguna aktif bulanan di negaranya Korea Selatan yang mencapai 42,4 juta pengguna.

Sementara itu, Instagram mencatat pengguna aktif bulanan sejumlah 700 juta pengguna yang membawanya untuk menyaingi Snapchat. Snapchat sendiri per Agustus 2017 diperkirakan memiliki 255 juta pengguna aktif bulanan.

Di sisi lain, kepopuleran Twitter rupanya jauh terlampaui Facebook. Jejaring sosial ini memiliki 328 juta pengguna aktif bulanan, hampir serupa dengan kloningannya – Sina Weibo yang memiliki pengguna aktif  bulanan sejumlah 313 juta.

Jauh tertinggal dari platform pesan instan lainnya, jumlah pengguna aktif BBM tampaknya semakin menyusut. Per Agustus 2017, aplikasi ini hanya memiliki 63 juta pengguna aktif bulanan. Padahal berdasarkan data We Are Social pada Januari, BBM memiliki jumlah pengguna aktif bulanan mencapai 100 juta. (lnm).

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini