Teknologi Deteksi Kesehatan Ditanamkan pada Smartwatch, Seperti Apa Fiturnya?

Afriani Susanti , Jurnalis · Kamis 07 September 2017 03:00 WIB
https: img.okezone.com content 2017 09 06 56 1770696 teknologi-deteksi-kesehatan-ditanamkan-pada-smartwatch-seperti-apa-fiturnya-xtnIXGLTOa.jpg Foto: Dok. Futurism

SUSSEX – Para peneliti di University of Sussex tengah mengembangkan logaritma yang bisa digunakan untuk memonitor setiap langkah manusia sehari-hari. Logaritma tersebut nantinya akan dibuat dalam bentuk smartwatch, sehingga bisa berfungsi untuk merekam dan mengukur gerak yang Anda lakukan setiap harinya.

Baca juga: Smartwatch Canggih Ini Bisa Isi Ulang Daya Sendiri

Mereka berargumen bahwa fitur ini mungkin bisa berfungsi sebagai alat monitor bagi kesehatan manusia dan juga alat ‘fitnes’ dalam kebiasaan pengguna nantinya.

Dinukil dari laman Futurism, smartwatch monitoring mirip seperi smartwatch yang pernah dikeluarkan oleh Apple Watch, di mana produk milik Apple tersebut memiliki fungsi yang hampir serupa seperti smartphone.

Produk Apple Watch tersebut bahwa menjadi benda yang umum digunakan khususnya untuk membentuk berbagai aktivitas Anda seperti profesional bisnis, siswa, atlet dan masih banyak lagi.

Baca juga: Desain Bulat Smartwatch Lebih Disukai Ketimbang Persegi, Benarkah?

Namun smartwatch yang satu ini diciptakan untuk bisa mendeteksi serta mengukur segala hal yang Anda lakukan sehari-hari tanpa adanya instruksi. Keberadaan smartwatch ini nantinya akan memiliki sebuah program yang bisa mendeteksi secara spesifik mengenai aktivitas yang Anda lakukan, seperti lari, yoga, bahkan sampai duduk sekali pun bisa dihitung.

Hristijan Gjoreski dari University of Sussex, mengatakan bahwa saat ini sistem yang bisa pengenalan aktivitas biasanya berakhir gagal.

“Hal tersebut dikarenakan mereka terbatas dalam mengenali standar dari aktvitas yang dilakukan manusia, di mana sebenarnya aktivitas manusia itu sendiri tidaklah terbatas,” jelasnya.

Menggunakan smartwatch ini nantinya akan diciptakan sebuah machine learning yang mampu mendeteksi berbagai aktivitas yang dilakukan oleh manusia.

“Disini kami mempersembahkan sebuah pendekatan dari machine learning terbaru untuk mendeteksi aktivitas manusia sebagaimana hal ini kerap dilakukan dalam keseharian,” ucapnya.

Baca juga: Apple Ungguli Samsung di Pasar Smartwatch

Sementara itu, Head of the Sensor Research Technology Group di University of Sussex, Daniel Roggen mengatakan jika smartwatch di masa depan bisa difungsikan sebagai analisis yang lebih baik dan memahami aktivitas manusia.

“Ini adalah sebuah metode terbaru dalam melihat kehidupan manusia yang sebenarnya. Sebagaimana seperti aktivitas fitness dan gaya hidup yang dilakukan oleh manusia,” tambahnya. (afr)

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini