Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Smartphone Bikinan Bapak Android Susah Diperbaiki, Kok Bisa?

Moch Prima Fauzi, Jurnalis · Rabu 06 September 2017 21:27 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 09 06 57 1770780 smartphone-bikinan-bapak-android-susah-diperbaiki-kok-bisa-iCkUAnKnZZ.jpg (Foto: Phone Arena)

JAKARTA - Peluncuran smartphone Essential bikinan bapak Android, Andy Rubin belakangan ini mendapatkan kabar tak baik. Sempat terlambat didistribusikan, belakangan ini Essential juga terlibat kebocoran data akibat kesalahan dalam pengiriman email.

Tak sampai di situ iFixit, situs yang menyediakan tutorial perbaikan smartphone, membeberkan kelemahan lain dari smartphone Essential.

Seperti dikutip dari Phone Arena, Rabu (6/9/2017), Essential Phone mendapatkan skor 1 dari skala penilaian 10. Artinya, smartphone tersebut hampir tidak mungkin untuk bisa dieprbaiki.

"Pertama karena jahitan yang hampir tak terlihat dan perekat yang berlebihan. Setiap upaya perbaikan kemungkinan akan menimbulkan kerusakan sebanyak yang diperbaiki," ungkap iFixit.

Secara garis besar, Essential Phone sangat sulit dibuka sehingga jika dipaksa akan mengakibatkan kerusakan pada sasis atau rangkanya.

Tak sampai di situ, colokan USB-C terpasang langsung ke motherboard. Karena minimnya jack audio kemungkinan besar colokan itu akan lebih sering terpakai dari biasanya, sehingga lebih berisiko untuk rusak.

Kesulitan juga terlihat pada konfigurasi kamera. Modul kamera Essential Phone tersambung dengan lubang speaker dan bagian baterai tampak sulit diganti jika diperbaiki.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini