Demi Layanan Streaming Musik, Apple Jalin Kemitraan dengan Warner Music

Lely Maulida, Jurnalis · Kamis 07 September 2017 16:05 WIB
https: img.okezone.com content 2017 09 07 207 1771272 demi-layanan-streaming-musik-apple-jalin-kemitraan-dengan-warner-music-zZiwDdjA4I.jpg (Foto: IBTimes)

CUPERTINO – Apple telah mendapat kesepakatan untuk lagu-lagu dari Warner Music Group. Berdasarkan sumber yang mengetahui hal ini, perjanjian pertama raksasa teknologi dengan label musik utama ini sesuai dengan permintaan dua tahun lalu.

Warner akan memberi Apple sebuah katalog yang mencakup Ed Sheeran, Red Hot Chili Peppers dan Bruno Mars untuk iTunes, toko online, serta Apple Music.

Sumber itu mengatakan Apple berencana untuk membayar label rekaman persentase penjualan yang lebih rendah dari pelanggan Apple Music dibanding yang dilakukan di bawah kesepakatan pertama untuk layanan streaming-nya.

Kedua perusahaan itu membangun kemitraan tahun ini untuk berbagi hasil dari layanan streaming on-demand. Streaming berbayar sendiri masih merupakan usaha baru ketika Apple menandatangani kesepakatan awal bahkan rela kehilangan sedikit dana demi layanan tersebut untuk meningkatkan penjualan iPhone.

Begitu menjadi pemain dominan dalam musik online, Apple juga berkeinginan untuk mendapatkan layanan di pasaran yang bisa bersaing dengan rivalnya, Spotify serta YouTube.

Musik kini menjadi sektor yang dinilai penting oleh Apple. Konsep membayar akses ke kumpulan lagu dan daftar lagu terpilih menghidupkan kembali industri musik yang sempat mengalami penurunan selama hampir dua dekade.

Menurut Federasi Industri Fonografik Internasional penjualan musik global tumbuh 5,9% menjadi USD15,7 miliar pada 2016. Dalam sebuah laporan belum lama ini, Goldman Sachs memproyeksikan angka tersebut akan meningkat menjadi USD41 miliar pada 2030.

Layanan streaming memberikan kontribusi pada pendapatan Apple, di mana perusahaan menargetkan untuk melipatgandakannya sekira USD50 miliar pada 2020. Saat mereka menambahkan lebih banyak playlist ke pustaka mereka, hal ini akan membantu mencegah pengguna menjual iPhone atau iPad mereka.

Apple juga dikatakan berencana untuk menggelontorkan dana sekira USD1 miliar di tahun berikutnya untuk program video original pada Apple Music dan produk streaming video.

Salah satu sumber mengatakan Sony Music Entertainment juga dikabarkan tengah berdiskusi untuk kesepakatan dengan Apple.

Warner Music Group sendiri adalah perusahaan musik pertama yang mencapai kesepakatan dengan ketiga pemain besar di sektor musik yakni Apple, YouTube dan Spotify. Universal dan Sony sendiri memiliki kesepakatan dengan Spotify, namun belum menandatangani kesepakatan baru dengan YouTube dan Apple. Demikian seperti dilansir Bloomberg, Kamis (7/9/2017). (lnm).

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini