Seru! Film James Bond Jadi Rebutan Apple dan Amazon

Afriani Susanti , Jurnalis · Kamis 07 September 2017 20:19 WIB
https: img.okezone.com content 2017 09 07 207 1771418 seru-film-james-bond-jadi-rebutan-apple-dan-amazon-OAevQk5AlD.jpg Foto: Dok. The Verge

AMERIKA SERIKAT - Siapa yang tidak mengenal film James Bond? Film ini sendiri diadaptasi dari sebuah novel karya Ian Fleming pada 1953, hingga akhirnya dibuat dalam bentuk visual.

Kini, film tersebut telah merebut hati kedua perusahaan raksasa asal Amerika Serikat yakni Apple dan Amazon untuk bisa mendapatkan hak distribusi. Bahkan kedua perusahaan tersebut juga dilaporkan melakukan tawar menawar dan rela menghabiskan banyak uang demi mendapatkan hak distribusi tersebut.

 

Baca juga: Saingi Galaxy Note 8, Apple Kebingungan Amankan Pasokan OLED untuk iPhone

Dinukil dari laman The Verge, Apple dan Amazon telah terbuka untuk menghabiskan banyak uang mereka daripada Warner Bros demi mendapatkan hak tersebut. Sony Picture Entertaiment sendiri telah memiliki hak distribusi film sejak 2006.

Namun kontrak telah berakhir setelah 2015. Kini, MGM dan Eon Production, di mana mereka adalah salah satu pemilik pada hak film James Bond tersebut namun bukan pada distribusinya.

Apple sendiri mengatakan tertarik pada franchises yang dibuat oleh Warner Bros. Hak distribusi tersebut senilai lebih dari USD2 miliar hingga USD5 miliar atau sekira Rp26 Triliun hingga Rp65 Triliun.

Kontrak pada distribusi Sony sebelumya telah dibayar sebagian oleh Spectre Production dan hanya mendapatkan seperempat dari keuntungan tersebut.

Baca juga: Situs Apple Developer ‘Bertingkah’ Aneh, Perusahaan Salahkan Bug

Selain itu, MGM dan Eon juga menawarkan kesepakatan satu film, namun kemungkinan pada distribusi tersebut bahkan memiliki waktu yang terbatas. Akan menjadi sebuah kemenangan yang besar jika Apple atau pun Amazon bisa mendapatkan hak distribusi dari competitor di tengah pasar yang sangat deras seperti ini.

Dalam hal program, Amazon saat ini jauh lebih kuat memiliki posisi daripada Apple. Perusahaan tersebut memiliki serial popular yang original seperti Transparent. Selain itu, perusahaan juga memiliki Manchester by the Sea yang juga pernah mendapatkan Best Picture Oscar. Amazon Studio juga akan mendistribusikan Woody Allen dalam film selanjutnya pada Wonder Wheel.

Baca juga: Demi Layanan Streaming Musik, Apple Jalin Kemitraan dengan Warner Music

Sementara itu, untuk Apple, perusahaan ini memiliki konten yang lebih jauh termasuk Planet of the Apps dan Reboot of James Corden’s Carpool Karaoke. Film James Bond ke-25 nantinya akan melakukan premier pada 2019 dengan melibatkan Daniel Craig. (afr)

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini