Saingi Galaxy Note 8, Apple Kebingungan Amankan Pasokan OLED untuk iPhone

Lely Maulida, Jurnalis · Kamis 07 September 2017 18:12 WIB
https: img.okezone.com content 2017 09 07 57 1771383 saingi-galaxy-note-8-apple-kebingungan-amankan-pasokan-oled-untuk-iphone-XcbF8pOWTU.jpg (Foto: Digital Trends)

CUPERTINO - Samsung Display dinilai membuat layar OLED yang baik. Hal tersebut dibuktikan melalui smartphone Galaxy S8 dan Note 8 yang belum lama ini dirilis.

Masuk akal jika Apple ketergantungan besar pada perusahaan Korea Selatan tersebut untuk memasok display dalam rangkaian iPhone high-end mendatang yang kabarnya akan segera meluncur.

Gembar-gembor teknologi OLED untuk iPhone pun bukan lagi menjadi hal yang baru. Menurut analis KGI, Ming-Chi Kuo posisi Samsung sebagai satu-satunya pemasok layar untuk iPhone selanjutnya telah menempatkan perusahaan dalam posisi yang kuat.

Seiring kemunculan iPhone selanjutnya yang semakin dekat, tak ada perusahaan lain yang mampu memproduksi layar OLED untuk ponsel dengan ukuran dan skala serta konsistensi yang sama seperti Samsung. Tampilan iPhone akan menjadi salah satu fitur andalan sehingga Apple tak begitu melakukan penyimpangan untuk kualitas smartphone anyarnya.

Di sisi lain LG telah kembali ke teknologi OLED dengan seri V30 yang terbaru. Namun Samsung tidak begitu mengkhawatirkan hal tersebut karena pendistribusiannya mendekati volume yang sama dengan smartphone Galaxy terbaru.

Ketergantungan ini juga memungkinkan Samsung untuk mengendalikan harga layar OLED yang diboyong Apple.

Kuo memperkirakan bahwa Apple membayar antara USD120 hingga USD130 per unit, yang tercatat merupakan kenaikan signifikan dari perkiraan biaya USD45 hingga USD55 dolar dari setiap LCD 5,5 inci untuk iPhone 7 Plus. Apple dipastikan akan meneruskan biaya tersebut ke konsumennya.

New York Times baru-baru ini melaporkan bahwa iPhone 8 kemungkinan akan dirilis dengan harga yang terbilang tinggi. Layar yang lebih baik tentu saja berperan dalam penentuan hal tersebut. Begitu juga dengan kemampuan pemindai wajah yang dikabarkan akan mendarat pada iPhone baru serta menjadi peluang Apple untuk mendapat margin keuntungan yang tinggi.

Kuo mengatakan Apple sangat membutuhkan sumber kedua OLED, yang akan mengambil sebagian dari daya tawar unit Samsung Display. Hal ini juga akan membantu mengatasi kendala pasokan iPhone baru.

LG merupakan vendor yang kemungkinan masuk dalam daftar. Korea Economic Daily melaporkan pada Juli lalu bahwa Apple menggelontorkan lebih dari USD2 miliar ke LG Display demi mengamankan panel OLED untuk iPhone mendatang. Demikian dilansir The Verge, Kamis (7/9/2017). (lnm).

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini