Selain Phoenix, 5 Burung Ini Juga Ada dalam Mitologi Dunia

Dini Listiyani, Jurnalis · Senin 11 September 2017, 04:01 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 09 08 56 1772164 selain-phoenix-5-burung-ini-juga-ada-dalam-mitologi-dunia-dg1id1NDZo.jpg (Foto: YouTube)

JAKARTA - Umat manusia sudah lama terpesona dengan burung karena misteriusnya dan kemampuan terbangnya. Bahkan, beberapa burung menakjubkan digambarkan dalam mitologi dunia.

Mungkin sebagian orang mengetahui burung mitologi seperti phoenix, namun burung mitologi itu ternyata tak hanya phoenix. Berikut beberapa burung yang ada dalam mitologi dunia seperti dikutip dari Listverse, Sabtu (9/9/2017).

Hoopoe

Dalam mitologi Arab, hoopoe dianggap sebagai burung tercerah yang memiliki kekuatan penyembuhan dan ramalan air. Selain itu, hoopoe juga dikatakan telah menyelamatkan Raja Salomo saat ia terdampar di padang pasir.

Di samping itu, burung ini juga memiliki cerita menarik. Dalam buku Pliny the Elder and Isidore of Seville dikatakan bahwa ia selalu terlihat di sekitar kuburan. Sebuah legenda mitologi Eropa Timur menyatakan bahwa ketika hoopoe diciptakan, burung itu ditawarkan semua makanan tradisional yang disukai burung.

Namun, Hoopoe menolak untuk makan salah satu dari makanan yang sudah disediakan, dan sebagai hukuman, akhirnya burung itu mendapat kutukan untuk selamanya hanya memakan kotoran binatang lainnya.

Cinnamologus

Sejak abad ke-5 SM, kayu manis menjadi bumbu yang sangat diinginkan. Menurut penulis Yunani seperti Pliny the Elder dan Herodotus, kayu manis yang paling berharga adalah yang dikumpulkan oleh cinnamologus. Pliny the Elder Natural History mengatakan bahwa burung raksasa ini membangun sarang mereka hanya dari batang kayu manis yang mereka kumpulkan dari pohon kayu manis.

Karena mereka begitu tinggi di pepohonan dan sangat halus, satu-satunya cara untuk mengeluarkan kayu manis ialah melempar bola timbal ke sarang untuk mengetuk batang kayu manis. Cerita yang sama diceritakan kemudian oleh Isidore dari Sevilla pada abad ke-7, sementara Herodotus menceritakan versi yang sedikit berbeda dari kisah cinnamologus di abad ke-5.

Menurut sejarawan, burung-burung Arab ini mengumpulkan tongkat dan membangun sarangnya tinggi-tinggi di atas permukaan batu yang tipis, menyemennya dengan lumpur. Mereka yang mengumpulkan kayu manis memotong lembu dan hewan besar lainnya menjadi potongan besar, membiarkannya berada di dasar tebing dan menarik burung untuk membawa mereka ke sarang mereka.

Sarangnya tak bisa menopang berat mangsa dan jatuh, yang memungkinkan mereka mengumpulkan kayu manis dan menjualnya.

Liderc

Liderc merupakan makhluk dari mitologi Hungaria yang terlihat seperti ayam tanpa bulu. Ada beberapa jenis liderc, dan yang satu ini disebut mit-make. Berhubungan erat dengan penyihir, dikatakan bahwa mereka hanya akan muncul di rumah mereka atau menetas dari telur yang mereka keramkan di bawah lengan mereka.

1 / 2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini