Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hebat! Pria Ini Modifikasi iPhone dan Ciptakan Jack Headphone Sendiri

Lely Maulida, Jurnalis · Jum'at 08 September 2017 11:15 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 09 08 57 1771789 hebat-pria-ini-modifikasi-iphone-dan-ciptakan-jack-headphone-sendiri-5abzNOGbtC.jpg (Foto: YouTube)

JAKARTA – Hampir satu tahun Apple memutuskan untuk meninggalkan jack headphone yang populer dikalangan pengguna. Apple memulai debutnya pada iPhone 7, dan menghadirkan earphone nikabel sebagai solusi yang menuai beragam tanggapan.

Namun rupanya, kandasnya jack headphone itu malah membuat seseorang terinspirasi membuatnya sendiri. Adapun Scotty Allen, seorang insinyur software yang berbasis di Shenzen, China yang menambahkan jack headphone ke iPhone 7.

Allen sebelumnya juga merakit sendiri iPhone 6 dengan menggunakan suku cadang yang ia beli dari toko elektronik biasa di Shenzen.  Proyek penambahan jack headphone ini bermula dari keinginannya untuk menggunakan headphone kabel yang ia miliki. Ia juga tertarik dengan rekayasa untuk memasang fitur itu sendiri.

Untuk eksperimennya kali ini, Allen juga terbilang sukses membuat jack headphone sendiri, yang artinya memungkinkan untuk menambahkan fitur tersebut. Namun tentunya hal tersebut tidaklah mudah.

Dalam video yang diunggahnya ke YouTube, pria berusia 38 tahun itu harus membuka iPhone dan menggunakan jack headphone dari iPhone 6S, menggunakan chip adaptor jack headphone Apple Lightning. Ia juga harus mengebor mesin, membuat papan sendiri, menggunakan mikroskop, solder, dan hal lainnya.

15 minggu kemudian  akhirnya Allen mendapatkan jack headphone yang beroperasi di iPhone 7. Terlepas dari keberhasilannya, kemungkinan tak akan banyak orang-orang yang turut meniru apa yang dilakukan Allen demi mendapatkan jack headphone.

Masalah yang timbul jika Anda gagal melakukanya tentu lebih banyak ketimbang Anda membeli headphone nirkabel. Pada akhirnya meski sulit, Allen mengatakan bahwa memodifikasi ponsel seperti yang dilakukannya bukan tidak mungkin. Apalagi, Shenzhen - kota yang ia sebut rumah, terkadang dikenal karena semangat bereksperimennya.

Dengan serangkaian eksperimen, iPhone 7 Allen mampu menggunakan jack headphone yang ia tambahkan sendiri. Headphone yang terpasang bahkan mampu dioperasikan dengan baik layaknya iPhone yang dilengkapi jack headphone built-in.

Begitu pula dengan port pengisian ulang baterai yang berjalan, mensi sempat diganti oleh Allen. Demikian seperti dilansir Business Indiser, Jumat (8/9/2017). Selengkapnya simak video berikut. (lnm).

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini