Techno Trick: Web yang Ingin Dikunjungi Terblokir? Ini Cara Aksesnya

Riani Angel Agustine, Jurnalis · Sabtu 09 September 2017, 10:01 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 09 08 92 1772392 techno-trick-web-yang-ingin-dikunjungi-terblokir-ini-cara-aksesnya-xXA9GdcqCf.jpg (Foto: Gizbot)

JAKARTA - Dalam beberapa tahun terakhir, penyensoran internet berkembang dengan sangat pesat. Di banyak negara, beberapa layanan internet sangat dibatasi pemakaiannya, di sisi lain banyak juga negara yang membatasi warganya untuk mengakses web yang berasal dari negara lain.

Pembatasan tersebut didasari oleh berbagai alasan, mulai dari keamanan negara sampai dengan penegakan nilai-nilai yang dianut sebuah negara. Situs yang paling sering diblokir adalah media sosial, budaya pop, kesehatan, kedokteran, agama, dan politik.

Dilansir dari Gizbot, terdapat beberapa cara yang dapat Anda gunakan untuk mendapatkan kembali akses ke situs web yang ingin Anda kunjungi tetapi dalam status diblokir.

Cache

Sebagian besar mesin pencarian menyimpan cache halaman web yang diindeks oleh mereka. Alih-alih mengunjungi situs web, Anda dapat mengakses salinan cache dari web yang sama dari hasil penelusuran Google atau mesin pencarian lainnya.

DNS

Terkadang ISP (Internet Service Provider) Anda dapat memblokir akses ke situs yang ingin Anda kunjungi. Dalam kasus seperti ini, Anda dapat mengkonfigurasi ulang server DNS.

Sebenarnya, server DNS memecahkan alamat IP untuk permintaan tertentu. Selain itu, beberapa DNS memiliki kemampuan untuk merutekan beberapa paket data yang Anda minta melalui server di lokasi yang dibatasi.

Server Proxy

Karena terlalu banyak situs proxy yang tersedia di internet, hal tersebut dapat memudahkan pengguna untuk membuka situs web yang diblokir oleh beberapa server dan menyajikan datanya. Proxy juga bisa menyimpan salinan sumber web dari cache yang memungkinkan Anda mengakses situs web dengan lebih cepat.

VPN

VPN atau Virtual Private Network memungkinkan Anda terhubung ke jaringan tertentu dari luar. Selain itu, VPN memperluas jaringan pribadi tertentu melalui jaringan publik seolah-olah jaringan tersebut sama. Hal ini menawarkan anonimitas dari situs proxy karena VPN mengenkripsi data yang ditransfer oleh web yang terblokir.

IP Hiding

Terkadang, situs web memblokir pengguna pada alamat IP tertentu untuk mengunjungi web itu sendiri. Dalam kasus ini, Anda bisa menggunakan perangkat lunak Hiding IP gratis yang bisa didapatkan dari berbagai sumber untuk mengakses web yang terblokir.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini