Ribuan Nyamuk Akibat Badai Harvey Bikin Merinding, Ini Penampakannya!

Riani Angel Agustine, Jurnalis · Senin 11 September 2017, 03:11 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 09 09 56 1772401 ribuan-nyamuk-akibat-badai-harvey-bikin-merinding-ini-penampakannya-7rqgLTV2fp.jpg (Foto: Reddit)

AUSTIN - Badai Harvey telah berhasil membuat kota-kota hancur, ribuan orang mengungsi, dan setidaknya menewaskan 60 orang. Kini badai tersebut bertanggungjawab atas ledakan populasi nyamuk Texas.

Dilansir dari Dailymail, air yang tidak mengalir menyediakan tempat berkembang biak bagi jutaan nyamuk Texas dan memberikan ancaman penyakit baru bagi manusia. Banjir akibat badai menenggelamkan berbagai kolam pembiakan, namun populasi nyamuk diperkirakan akan bertambah puluhan kali lipat jumlahnya.

Tyler Bennett dan rekan kerjanya merekam ribuan nyamuk yang hinggap di tubuh mereka menggunakan smartphone di Refugio, Texas. Refugio berisikan sekira 3 ribu penduduk dan berjarak sekira 165 mil dari Houston.

Tidak ada orang di kota tersebut akibat badai Harvey dan membuat banyak orang kehilangan rumah akibat terendam banjir serta aliran listrik yang terputus. Penduduk di kota tersebut mengatakan bahwa mereka bisa mendengar nyamuk berterbangan dan dapat merekamnya.

“Populasi nyamuk biasanya meningkat pesat setelah banjir, tapi ini benar-benar mengerikan,” ungkap Centers for Disease Control and Prevention (CDC). Nyamuk merupakan hewan paling mematikan di dunia dan bertanggungjawab atas kematian setidaknya 1 juta orang per tahun, menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Dr. Peter Hotez, dekan dari National School of Tropical Medicina di Bayor University, Waco, Texas, mengatakan bahwa Houston saat ini sudah menjadi ibu kota bagi para nyamuk. Nyamuk Texas dikhawatirkan akan membawa penyakit mematikan seperti virus West Nile, demam berdarah, dan virus Zika.

Virus West Nile telah berada di Texas sejak 2002 dan negara bagian ini setidaknya mencatat 370 kasus pada 2016 akibat virus tersebut. Sebuah penelitian yang dilakukan 1 tahun setelah Badai Katrina pada 2006 menemukan bahwa kasus Virus West Nile meningkat lebih dari 2 kali lipat di tempat-tempat yang terkena dampak badai.

Badai Harvey menghantam Texas pada Jumat, 25 Agustus dan telah memicu banjir. Curah hujan yang tinggi dan terus mengguyur selama beberapa hari terakhir juga memperparah kondisi sehingga membuat Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump serta ibu Negara Melania Trump menyambangi Texas.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini