Astaga! Diam-Diam Ternyata Alien Bisa Memantau Bumi

Tachta Citra Elfira, Jurnalis · Sabtu 09 September 2017, 13:25 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 09 09 56 1772557 astaga-diam-diam-ternyata-alien-bisa-memantau-bumi-3xWnQqqUIX.jpg Ilustrasi Foto : NASA

JAKARTA – Beberapa planet di Tata Surya lain berada dalam posisi yang sangat baik untuk melihat persimpangan Bumi di depan Matahari. Artinya, jika benda-benda eksoplanet tersebut memiliki kecerdasan luar angkasa, makhluk hidup di sana bisa saja menemukan Bumi di langit mereka.

Seperti kita menemukan planet ekstrasurya di Bumi kita sendiri. Para ilmuwan menggunakan teleskop dengan metode transit untuk mendeteksi planet di Tata Surya yang jauh.

Ketika sebuah planet melintas di depan bintang induknya, dari sudut pandang pengamat yang dikenal sebagai transit bintang, para ilmuwan dapat menemukannya karena sebagian dari bintang tersebut dihilangkan dan sebagian isinya diblokir.

Dengan cara tersebut, para ahli telah menemukan dan membuat katalog ribuan planet di luar Tata Surya, walaupun metode yang sama dapat digunakan untuk mendeteksi benda selain exoplanet.

Baca Yuk:  Awas! 5 Serangga Ini Punya Sengatan Paling Menyakitkan

Para astronom bertanya-tanya apakah planet di alam semesta yang lebih besar bisa menemukan Bumi dengan cara ini. Menurut sebuah studi di jurnal Monthly Notices of the Royal Astronomical Society, tim menyelidiki di bagian langit mana yang bisa melihat planet di Tata Surya yang sedang transit ke Matahari.

Analisis menunjukkan bahwa di luar Tata Surya, dunia lain dapat mengamati maksimal tiga dari delapan planet kita. Secara keseluruhan hanya 2,5 persen dari semua sudut pandang akan berada dalam posisi yang baik untuk melihat salah satu planet kita. Untuk mengamati maksimal tiga planet, kemungkinan turun menjadi 0,027 persen.

Menurut para periset, ada 68 exoplanet yang diketahui yang dapat melihat transit di Tata Surya, walaupun jumlah tersebut dapat meningkat saat para astronom terus menemukan planet ekstrasurya. Dari 68 exoplanet tersebut, sekitar sembilan ‘planet dengan ukuran sedang’ di orbit mengelilingi jenis bintang paling keren berada di tempat mereka bisa melihat Bumi transit.

Hanya beberapa bagian alam semesta yang memiliki sudut pandang bagus untuk melihat planet-planet di Tata Surya lewat di depan Matahari, yang disebut transit. Garis dalam gambar ini mewakili titik pandang tersebut, dengan garis biru yang menunjukkan tempat dari tempat orang bisa melihat Bumi yang transit matahari.

Baca Yuk: Arkeolog Temukan Sisa-Sisa Kapal Raja Swedia Berusia 400 Tahun, Nih Fotonya!

Mereka tidak dipercaya layak huni namun sebagai organisasi seperti NASA, dengan pesawat luar angkasa Kepler yang berburu alien, mencari langit untuk tanda-tanda exoplanet dan kehidupan di luar Bumi, segala sesuatunya dapat berubah.

"Tim memperkirakan bahwa seharusnya ada sekitar 10 (saat ini yang belum ditemukan) dunia yang terletak untuk mendeteksi Bumi dan mampu mempertahankan kehidupan seperti yang kita ketahui. Namun sampai saat ini, tidak ada planet yang dapat dihuni yang telah ditemukan dari mana peradaban dapat mendeteksi Bumi dengan tingkat teknologi saat ini,” kata Royal Astronomical Society.

Meskipun planet-planet di Tata Surya luar jauh lebih besar, jarak mereka dari Matahari membuat Jupiter, Saturnus, Uranus dan Neptunus lebih sulit dikenali daripada planet terestrial di Tata Surya bagian dalam seperti Merkurius, Venus, Bumi dan Mars.

"Planet yang lebih besar secara alami akan mengeluarkan lebih banyak cahaya saat mereka melewatinya di depan bintang mereka. Namun, faktor yang lebih penting adalah seberapa dekat planet ini dengan bintang induknya, karena planet terestrial lebih dekat ke Matahari daripada raksasa gas, mereka akan cenderung terlihat dalam perjalanan,” ujar penulis utama studi Robert Wells, dari Queen's University Belfast seperti dikutip dari Rawstory, Sabtu (9/9/2017).

Baca Yuk: Menakjubkan! Penjelasan Bahan Bakar Fosil dari Pandangan Alquran dan Sains

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini