Akhirnya! YouTube Versi Mobile Tampilkan Opsi Kecepatan Putar Video

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Minggu 10 September 2017, 16:33 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 09 10 207 1773038 akhirnya-youtube-versi-mobile-tampilkan-opsi-kecepatan-putar-video-fM0yDBSjSF.jpg Ilustrasi (Foto: Reuters)

CALIFORNIA - Pengguna mungkin jenuh ketika menyaksikan video tutorial yang dirasa terlalu lambat, sehingga YouTube menampilkan opsi putar video cepat hingga 2x. Penyedia layanan berbagi video itu juga memiliki opsi putar video lambat mulai 0,25 hingga 0,75.

Namun, fitur tersebut selama ini hanya tersedia pada versi desktop atau PC. Dilansir Engadget, Minggu (10/9/2017), pengguna bisa merasakan fitur atur kecepatan (speed) video YouTube tersebut pada versi mobile.

Fitur ini tersedia untuk pengguna platform iOS dan Android. Dengan demikian, pengguna tidak perlu selalu mengandalkan PC desktop ketika ingin mempercepat atau memperlambat video YouTube.

Pada pengumumannya, Pallavi Powale, YouTube Software Engineer mengatakan bahwa perusahaan mengatasi beberapa rintangan teknis untuk memperbarui layanan. Mereka harus memastikan bahwa aplikasi dapat mengubah durasi audio tanpa mempengaruhi kualitasnya.

Seperti yang Anda tahu, memutar video lebih cepat bisa membuat suara terdengar tidak nyaman. Tim juga harus melakukan hal yang sama untuk versi desktop, namun masalah dengan ponsel adalah ponsel tunduk pada keterbatasan perangkat keras dan jaringan.

Itulah mengapa saat Anda mengubah kecepatan pemutaran di ponsel Anda, YouTube harus menyesuaikan kualitas video. Fitur ini kabarnya sudah bisa dicicipi oleh banyak orang.

Untuk mencobanya, pengguna bisa mengetuk pada menu hamburger pada tampilan aplikasi. Setelah itu, pilih Playback Speed dari menu yang muncul serta pilih kecepatan yang Anda inginkan.

Pada Juni 2017 dilaporkan, CEO Youtube, Susan Wojcicki mengungkapkan bahwa situs berbagi video yang populer mereka memiliki lebih dari 1,5 miliar pengunjung. Ia juga mengatakan hitungan tersebut dilihat dari satu jam per hari ketika para pengguna menonton di perangkat seluler mereka.

Susan juga mengumumkan bahwa Youtube Red akan menambahkan lebih banyak konten TV asli. "Mungkin tugas kita yang paling penting adalah memamerkan video Anda dengan cara terbaik, tidak perduli format apa yang Anda pilih untuk dipotret. Siapa yang peduli jika mereka vertikal atau horizontal? Ditembak di ponsel atau DSLR? Persegi, 4:3 atau 16:9?,” tulisnya dalam postingan blog seperti dikutip dari Neowin.

Selain itu, 12 proyek baru juga sedang dalam proses dan pada akhirnya akan diluncurkan pada layanan berlangganan Youtube Red. Terakhir, Susan juga mengumumkan bahwa Youtube dan Daydream telah bekerjasama dalam format yang disebut VR180 dan kamera baru yang memungkinkan lebih banyak orang membuat video VR dengan biaya yang jauh lebih rendah.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini