YouTube HDR Nongol di Beberapa Ponsel Flagship, Apa Saja?

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Senin 11 September 2017, 08:30 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 09 10 207 1773186 youtube-hdr-nongol-di-beberapa-ponsel-flagship-apa-saja-x3gf47QMVe.jpg (Foto: Reuters)

JAKARTA - YouTube, layanan berbagi video gratis baru-baru ini mengeluarkan update-update terbaru. Sebelumnya dikabarkan YouTube menyediakan fitur Dark Mode, UI dan logo baru.

Dilansir Neowin, Minggu (10/9/2017), YouTube kini mengumumkan bahwa pengguna bisa mencicipi kualitas HDR dari video yang tayang di platform mereka. Namun, fitur ini baru tersedia pada perangkat ponsel tertentu saja.

Beberapa perangkat ponsel yang mendukung fitur tersebut seperti Google Pixel, Galaxy S8, S8+, Note8, Xperia XZ Premium, atau LG V30. Ponsel-ponsel ini yang dapat memutar video dalam kualitas HDR.

Pertama kali ditemukan di situs Reddit beberapa hari lalu, video bisa diputar dalam kualitas 144p60 hingga 1440p60 HDR. Namun, SamMobile mencatatkan bahwa untuk Galaxy S8 dan S8+, Anda perlu memastikan mengaktifkan resolusi WQHD+ dari pengaturan display jika Anda melihat opsi resolusi dalam YouTube maksimal di 1080p.

Awal pekan ini, Netflix menambahkan dukungan untuk HDR dan Dolby Vision untuk Samsung Note 8, Sony Xperia XZ Premium, Sony Xperia XZ1 dan LG G6, namun belum untuk S8 atau S8+.

Informasi yang beredar sebelumnya mengungkapkan laporan mengenai jumlah pengunjung YouTube. CEO Youtube, Susan Wojcicki mengabarkan bahwa situs berbagi video yang populer tersebut kini memiliki lebih dari 1,5 miliar pengunjung.

Ia juga mengatakan hitungan tersebut dilihat dari satu jam per hari ketika para pengguna menonton di perangkat seluler mereka. Susan juga mengumumkan bahwa Youtube Red akan menambahkan lebih banyak konten TV asli.

"Mungkin tugas kita yang paling penting adalah memamerkan video Anda dengan cara terbaik, tidak peduli format apa yang Anda pilih untuk dipotret. Siapa yang peduli jika mereka vertikal atau horizontal? Ditembak di ponsel atau DSLR? Persegi, 4: 3 atau 16: 9?,” tulisnya dalam postingan blog seperti dikutip dari Neowin.

“Dalam beberapa minggu mendatang, aplikasi seluler YouTube akan menyesuaikan secara dinamis dengan ukuran apa pun yang Anda pilih untuk menontonnya. Itu berarti jika Anda menonton video vertikal, persegi, atau horizontal, pemutar YouTube akan menyesuaikan diri dengan mulus, mengisi layar dengan tepat Seperti yang seharusnya mereka lihat," tambahnya.

Tak hanya itu, layanan premium Youtube TV yang telah diluncurkan awal tahun ini akan berkembang luas ke area baru dalam beberapa minggu ke depan, termasuk Dallas-Fort Worth, Washington, DC, Houston, Atlanta, Phoenix, Detroit, Minneapolis-St. Paul, Miami-Fort Lauderdale, Orlando-Daytona Beach-Melbourne, dan Charlotte.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini