Astaga! 100 Juta Like di Facebook Ternyata Palsu

Moch Prima Fauzi, Jurnalis · Selasa 12 September 2017, 09:00 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 09 11 207 1773561 astaga-100-juta-like-di-facebook-ternyata-palsu-osg3A0XYPS.jpg (Foto: Digital Trends)

JAKARTA - Facebook saat ini memang menjadi media sosial nomor wahid di dunia. Pada Juni lalu, perusahaan milik Mark Zuckerberg itu mengumumkan jumlah pengguna global sebanyak 2 miliar orang.

Meski demikian, Facebook juga berhadapan dengan kepalsuan di layanannya. Misalnya saja, Facebook baru-baru ini telah memblokir 470 akun palsu asal Rusia. Ratusan akun palsu itu digunakan untuk menyebarkan politik tertentu di Rusia.

Tak hanya itu, peneliti juga baru-baru ini menemukan adanya 50 website yang menawarkan like palsu secara gratis. Seperti yang diungkap Neowin, Selasa (12/9/2017), peneliti dari Universitas Iowa, Amerika Serikat, mengungkap adanya jumlah like palsu sepanjang 2015 hingga 2016.

Berdasarkan temuan itu, mereka mengungkap satu juta akun Facebook terdaftar dalam jaringan kolusi yang dijalankan oleh spammer. Akun-akun tersebut dibuat untuk menghasikan like palsu sebanyak 100 juta kiriman.

Peneliti juga mengungkap adanya celah dalam kode yang digunakan untuk otorisasi aplikasi pihak ketiga. Masalah ini membuat proses like dilakukan secara otomatis yang sebelumnya manual.

"Pengguna menganggapnya (akun) jinak, tapi sebenarnya mereka menyerahkan kontrol penuh atas akun Facebook mereka. Mereka (para spammer) juga dapat mengakses semua informasi yang tersedia di profil Anda, melihat postingan Anda, bahkan membaca pesan pribadi," kata guru besar ilmu komputer di Universitas Iowa, Zubair Shafiq.

Meski Facebook mengklaim telah menambal celah tersebut, laman USA Today mengkau masih bisa bergabung dengan salah satu jaringan tersebut.

Dengan adanya temuan itu, pengguna media sosial diminta untuk memperhatikan permintaan terkait akses data pribadi mereka. Selain itu mereka juga diharapkan selalu meninjau situs web dan aplikasi mana saja yang memiliki izin terhubung.

Jika Anda pengguna Facebook dan ingin memeriksa aplikasi mana saja yang memiliki akses ke akun Anda, caranya ialah dengan membuka menu Setelan kemudian pilih bagian Apps.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini