Dahsyat! Badai Irma Bikin Lautan Nyaris Kering

Moch Prima Fauzi, Jurnalis · Senin 11 September 2017, 16:30 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 09 11 56 1773552 dahsyat-badai-irma-bikin-lautan-nyaris-kering-u2SAZaWP2j.jpg (Foto: Twitter)

JAKARTA - Pada Jumat dan Sabtu, kemarin waktu Amerika Serikat, badai Irma menerjang kawasan pantai di Florida, dan Karibia. Dahsyatnya badai tersebut membuat sebagian pantai di kawasan tersebut terlihat nyaris kering.

Fenomena aneh itu banyak dibicarakan oleh warga di kawasan Bahama, dan mengunggahnya di media sosial Twitter. Seperti yang dilakukan oleh akun @Kaydi_K yang membagikan video pada Sabtu sore, waktu setempat.

"Saya tidak percaya sekarang...." tulisnya di Twitter, yang dikutip dari The Washington Post, Senin (11/9/2017). "Ini adalah Long Island, Bahama dan laut telah hilang!!," lanjut dia.

Badai Irma sendiri menerjang kawasan tersebut sangat kuat pada Jumat 8 dan 9 September 2017. Badai tersebut juga sempat menerjang kawasan Gulf Coast, Florida pada Minggu, 10 September 2017.

Pada hari Sabtu, angin di Long Island, Bahama bertiup dari Tenggara ke Barat Laut. Sehingga air laut yang berada di sisi Barat Laut semakin menjauh dari garis pantai.

Sedangkan di pantai Florida, angin bertiup dari Timur pada Minggu, dan mendorong air ke sisi Barat dan menjauh dari pantai. Pada saat yang sama, beberapa lokasi juga terkena dampak dari sapuan angin kencang tersebut.

Di tengah badai, di mana tekanannya rendah dan angin terkonvergensi, air akan berkumpul. Tekanan rendah pada dasarnya merupakan mekanisme penghisapan yang mengakibatkan air menjadi kering.

Jika tekanannya sangat rendah dan anginnya sangat kuat, maka bisa membuat tonjolan air laut di bawah pusat badai. Meski demikian fenomena ini sendiri berbeda dengan bencana tsunami.

Air yang sempat menghilang itu akhirnya kembali ke pantai Long Island pada Sabtu. Sementara kondisi di pantai teluk Florida kembali normal setelah badai tersebut berakhir.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini