Ngerii.. Selain Irma, Nih 6 Badai Terdahsyat yang Pernah Terjadi di Atlantik

Lely Maulida, Jurnalis · Selasa 12 September 2017, 05:03 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 09 11 56 1773856 ngerii-selain-irma-nih-6-badai-terdahsyat-yang-pernah-terjadi-di-atlantik-8Quetf6Rxm.jpg (Foto: NOAA)

JAKARTA – Badai Irma kini menjadi salah satu badai yang paling kuat yang pernah terjadi di Atlantik. Seperti kategori lima badai dengan kecepatan angin 295km, Irma akan menjadi sejarah sebagai topan dengan intensitas puncak terpanjang yang pernah terjadi.

Badai Irma terjadi dengan kecepatan angin mencapai 300km/jam. Badai Irma  telah memotong jalan yang melintasi Kepulauan Karibia, membunuh beberapa orang, dan membuat banyak orang kehilangan tempat tinggal.

Selain Irma, badai lain juga tercatat pernah terjadi di Atlantik dan tak kalah dahsyat. Dikutip dari berbagai sumber, berikut lima badai dengan kecepatan angin terdahsyat yang pernah terjadi di AS.

Badai Andrew – 1992

Badai Andrew terjadi 25 tahun lalu yang terjadi di langit Florida dengan kecepatan angin 267 km/jam. Andrew merenggut 26 nyawa dan menyebabkan 250.000 orang kehilangan tempat tinggal.

Kerusakan akibat Badai Andrew diperkirakan senilai USD25 miliar dan membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk memulihkan keadaan di sekitarnya menjadi kembali normal.

Badai Labour Day - 1935

Badai ini mendahului sistem penamaan yang diberikan pada badai tropis. Meski begitu, badai ini telah membuatnya termasuk dalam kategori badai terdahsyat dengan kecepatan angin mencapai 300 km/jam.

Akibat badai ini, sekira 408 orang dilaporkan meninggal dan lebih dari setengahnya dievakuasi dari Florida Keys di kereta yang kemudian tergelincir.

Badai Gilbert – 1988

Pada 12 September 1988, badai Gilbert menyerang Jamaika dan menghancurkan pulau tersebut. Kecepatan angin dari badai ini tercatat mencapai 300 km/jam. Meski kecepatan anginnya berkurang saat menuju Meksiko, korban tewas dilaporkan mencapai 316 orang.

Badai Katrina - 2005

Badai Katrina melintasi ujung Florida dan kemudian menyapu Teluk Meksiko dan melewati Louisiana dan Mississippi dengan kecepatan angin mencapai 280 km/jam. Meski lebih rendah dibanding Irma, badai ini merenggut korban mencapai lebih dari 1.800 orang. Mayoritas dari jumlah tersebut meninggal dunia.

Badai Allen – 1980

Kecepatan angin badai Irma, masih kalah kuat dengan Badai Allen yang terjadi dengan kecepatan angin kuat mencapai 305 km/jam. Terjadi di Karibia, Badai Allen membunuh enam orang di St Lucia dan 238 di Kepulauan Antillen.

Badai Allen mencapai kecepatan 305 km/jam pada puncaknya sebelum menyapu Texas dengan kecepatan 205 km/jam. Untungnya, badai Allen melanda daerah yang penduduknya jarang, sehingga tak begitu banyak memakan korban.

Badai Patricia – 2015

Rekor sepanjang sejarah untuk kecepatan angin tertinggi dimiliki oleh Badai Patricia yang mencapai 345 km/jam. Badai ini terjadi di Samudera Pasifik pada tahun 2015. Meski kecepatan anginnya dahsyat, badai ini tak begitu menyapu daratan Amerika Serikat, dengan kecepatan yang lemah secara substansial sebelum ia mendarat. (lnm).

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini