XL Axiata Lepas Saham, Bagaimana Nasib Karyawan Elevenia?

Lely Maulida, Jurnalis · Selasa 12 September 2017 19:02 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 09 12 54 1774460 xl-axiata-lepas-saham-bagaimana-nasib-karyawan-elevenia-Uh4pQluf61.jpeg (Foto: Lely Maulida/Okezone)

JAKARTA – XL Axiata akhirnya memilih untuk melepaskan sahamnya di Elevenia. E-commerce yang dibangun bersama SK Planet itu akan diambil alih oleh PT Jaya Kencana Mulia Lestari dan Super Premium Pte. Ltd.

Proses peralihan Elevenia sendiri masih belum diumbar oleh perusahaan, meski sebelumnya dikabarkan XL Axiata telah menandatangani Perjanjian Jual Beli Bersyarat (CPSA). Proses tersebut akan dipublikasikan dalam waktu dekat ini.

“Udah hampir beres. Akhir September selesai, atau Oktober. Pasti kuartal ini lah,” kata CEO XL Axiata Dian Siswarini kepada Okezone di Jakarta, Selasa (12/9/2017).

Peralihan Elevenia dari XL Axiata dan SK Planet turut menyeret karyawan untuk juga berpindah. Para karyawan Elevenia selanjutnya akan menjadi bagian dari PT Jaya Kencana Mulia Lestari dan Super Premium Pte. Ltd.

Baca: Waduh! Dianggap Tak Menguntungkan, XL Axiata Lepas Saham Elevenia

 Lepas Saham Elevania, Nih Alasan XL Axiata!

“Anak Elevenia diambil alih oleh Jaya Kencana Mulia Lestari dan Super Premium, enggak ditarik ke Xl Axiata, ikut mereka. Udah lepas,” terang Dian.

XL Axiata sendiri enggan mengumbar berapa besaran biaya penjualan Elevenia. Sementara itu, alokasi saham untuk Elevenia selanjutnya akan dialihkan ke core bisnis XL Axiata yakni layanan telekomunikasi.

Diakui Dian, bisnis digital dalam beberapa tahun memang tidak akan menghasilkan pendapatan. Begitu juga dengan persaingan yang semakin ketat berkat hadirnya pelaku e-commerce dari luar negeri. Para investor mancanegara itu bahkan menggelontorkan banyak dana demi ekspansinya di Indonesia dan Asia Tenggara.

Baca juga:  XL Lepas Saham Elevenia, Mastel: Bisnis Telco dengan Digital Bisnis Berbeda

Menyedihkan! Menilik Bisnis Digital Operator Telekomunikasi Tanah Air yang Kian Menyusut

Langkah strategis untuk melepas kepemilikan Elevenia, memang dinilai dapat menjadikan XL Axiata fokus pada bisnis utamanya dan mengembangkan bisnis layanan data. Keputusan itu juga dinilai mengurangi dampak yang timbul dari Elevenia dan memungkinkan XL Axiata untuk mengalokasikan modal dari para investor.

“Sedangkan kalau kita harus mengeluarkan uang yang banyak, itu kan lebih baik uangnya masukin ke investasi core bisnis aja,” ujarnya.

Perusahaan yang lekat dengan warna biru itu sebelumnya memiliki 50% saham kepemilikan di Elevenia. Persentase yang sama juga dikuasai oleh SK Planet. Kesepakatan CPSA sendiri berlaku untuk pengalihan saham yang dimiliki oleh XL Axiata dan SK Planet. (lnm).

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini